cara meredakan sakit tenggorokan saat menelan

Ini Cara Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Sakit tenggorokan saat menelan bisa saja dialami oleh semua orang tanpa melihat tua atapun muda, berikut ini adalah cara ampun untuk mengatasinya agar Anda bisa makan dengan nyaman tanpa ada rasa nyeri saat menelan makanan.

Sakit tenggorokan saat menelan itu biasanya disebabkan karena terjadinya infeksi atau radang pada tenggorokan. Jika penderita sampai merasakan sakit saat menelan makanan itu biasanya luka pada kerongkongan sudah parah.

Penyebab lainnya adalah Flu, batuk kronis, radang amandel (tonsilitis) dan bisa juga karena asam lambung yang naik sampai ke tenggorokan.

Keluhan seperti ini banyak dianggap sama seperti keluhan sakit menelan(disfagia), padahal kedua keluhan ini adalah penyakit yang berbeda.

Cara Meredakan Rasa sakit Saat Menelan

sakit tenggorokan saat menelan
Beberapa cara untuk mengatasi sakit tenggorokan saat menelan (foto: halodoc)

Rasa sakit pada saat menelan juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak berteriak atau berbicara. Untuk mengatasi hal sepeti ini, Anda bisa melakukan beberapa hal positif seperti :

Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih menjadi salah satu solusi untuk melembabkan tenggorokan yang sakit. Hal ini juga memiliki tujuan agar terhindar dari iritasi dan menenangkan tenggorokan yang sedang meradang.

Minum Minuman Hangat

Minuman hangat seperti teh hangat yang bisa Anda campur dengan Madu dan lemon / jeruk nipis, ataupun jahe sangat baik dan bagus untuk meringankan rasa sakit saat menelan makanan.

Gunakan Obat Gosok

Obat gosok atau aroma terapi seperti freshcare sangat bagus, karena aroma yang dihirup hingga masuk ke hidung dan tenggorokan bisa membantu menenangkan peradangan yang terjadi.

Kompres Dengan Air Hangat

Anda juga bisa mengkompres dengan air hangat pada bagian leher agar proses penyembuhan rasa sakit pada tenggorokan bisa lebih cepat.

Minum Obat

Jika memang rasa sakit pada tenggorokan tak kunjung hilang, Anda bisa menkonsumsi obat untuk mengatasi rasa sakit saat menelan. Tapi, Anda perlu bekonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk dilihat kondisinya dan mendapatkan obat yang pas atau sesuai dengan penyebabnya.

Seperti itulah beberapa cara dan hal positif yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit pada saat menelan makanan ataupun saat minum air.

Originally posted 2022-05-09 23:14:11.

Check Also

10+ Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker!

Jahe memiliki khasiat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, ada banyak lagi manfaat …

obat batuk pilek alami anak

Obat Batuk Pilek Anak Alami Ini Sangat Direkomendasikan!

Batuk pada anak-anak tentu membuat para orangtua sangat khawatir terhadap kondisinya, Nah ada obat batuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *