cara mengobati luka lecet agar cepat kering

Cara Mengobati Luka Lecet Agar Cepat Sembuh

Anak Anda sedang suka bermain lari-lari tapi sering jatuh dan mengakibatkan luka-luka? berikut ini ada tips cara mengobati luka lecet agar cepat kering dan sembuh untuk anak-anak dan dewasa.

Ketika anak-anak sedang asik bermain sepeda dan tiba-tiba terjatuh, maka yang sering mengalami luka itu biasanya adalah bagian tangan dan kaki. Luka seperti ini biasanya memang hanya lua lecet saja, tapi jika tidak segera ditangani/dibersihkan maka bisa mengakibatkan hal buruk.

Secara ilmiah,luka lecet seperti ini biasanya terjadi pada lapisan epidermis kulit saja dan tidak mengalami pendarahan yang banyak. Jenis luka seperti ini sering disebut juga sebagai jenis luka terbuka atau open wound yang terjadi pada permukaan luar kulit.

Lalu bagaimana cara mengobati luka lecet agar cepat sembuh? memang lukanya terlihat hanya lecet, tapi jangan dianggap sepele, karena jika tidak dengan bener mengobatinya bisa muncul nanah.

Cara Mengobati Luka di Kulit

cara mengobati luka lecet
Cara Tepat Mengobati Luka Lecet Agar Cepat Kering dan Sembuh (foto:blogs.insanmedika.co.id)

Langkah-langkah mengobati luka lecet agar cepat sembuh :

  • Pertama-tama adalah membersikan luka lecetnya dari kotoran yang menempel dengan air mengalir
  • Setelah itu keringkan dengan kain bersih dengan cara ditotol-totol.
  • Oleskan salep luka (antibiotik) agar luka bisa tetap lembab dan ini akan mempercepat proses penyembuhan
  • Salep ini juga berfungsi sebagai pencegah terjadinya infeksi
  • Tutup luka yang sudah dioles salep dengan kassa steril dan gantilah setiap hari
  • Selama proses penyembuhan lukanya, anda harus menjaga tetap kering (hindari terkena air).

cara membersikan luka lecetnya juga bisa menggunakan sabun dan hindari menggunakan pembersih luka yang mengandung alkohol, iodine atau hidrogen preoksida karena bisa menyebabkan iritasi dan rasa perih.

Jika pada luka tersebut menimbulkan rasa nyeri terus menerus, maka Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. dan jika lukanya semakin parah, Anda bisa lanjut pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan obat yang lebih tepat.

Luka lecet yang lama sembuhnya itu biasanya ada pada area lutut, karena kita selalu beraktifitas dan banyak gerak yang mengakibatkan banyak gerak area luka dan akhirnya proses keringnya jadi lama.

Itulah beberapa langkah yang benar cara mengobat luka lecet akibat jatuh agar cepat kering dan sembuh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *