Dampak Negatif Minuman Keras Bagi Kesehatan Tubuh

Jika Anda sering mengkonsumsi minuman keras atau alkohol, maka segeralah berhenti kebiasaan tersebut karena ada banyak dampak negatif minuman keras yang mengintai kesehatan tubuh Anda.

Biasanya pada orang yang sudah minum minuman beralkohol itu sering mengalami masalah kesehatan, tapi kebanyak dari mereka menganggap itu hal sakit biasa dan dibiarkan begitu saja. Padahal, menurut berbagai sumber mengatakan bahwa minuman alkohol itu bisa merusak organ vital, dehidrasi hingga bisa menurunkan kinerja otak.

Memang dianggap bagus ketika minum alkohol dalam porsi kecil, karena alkohol akan bekerja melebarkan pembuluh darah dan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah (tapi hanya untuk sementara). Namun banyak penelitian yang menyatakan bahwa kebiasaan minum minuman keras dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang lama akan berakibat pada risiko terjadinya hipertensi, atau bisa juga memperburuk kondisinya jika Anda sudah memiliki riwayat hipertensi.

10 Dampak Negatif Alkohol Bagi Kesehatan

infographic dampak negatif minuman keras alkohol

Dilansir dari laman p2ptm.kemkes.go.id, ada 10 dampak negatif minuman keras bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

  1. Menyebabkan Kerusakan Syaraf
  2. Menyebabkan Gangguan Jantung
  3. Mengganggu sistem metabolisme tubuh
  4. Mengganggu sistem reproduksi
  5. Menurunkan kecerdasan
  6. Menyebabkan kenaikan berat badan
  7. Mengganggu fungsi hati
  8. Menyebabkan tekanan darah tinggi
  9. Menyebabkan ketidaknyamanan dalam tubuh
  10. Memperpendek usia seseorang

Tanya Jawab :

Sebutkan 4 dampak negatif minuman keras bagi kesehatan tubuh ?

Di artikel ini ada 10 dampak negatifnya, Anda bisa memilih 4 saja dan dibawah ini ada 4 yang kami jelaskan dan bisa dijadikan sebagai jawaban dari soal tersebut.

Kerusakan Syaraf

Ketika mengkonsumsi minuman keras secara rutin dan berlebihan, bisa mengakibatkan kerusakan saraf atau Neuropati. Pada umumnya, Neuropati ini disebabkan oleh tidak efisieannya atau berkurangnya asupan vitamin B yang sangat bergunak untuk kinerja sistem saraf.

Gagal Jantung

Selain itu, Alkohol juga bisa menyebabkan gagal jantung karena efek racun yang masuk kedalam organ tersebut. Jika alkohol yang masuk secara berlebihan ke dalam jantung dan itu terjadi dalam waktu yanglama, maka bisa mengakitbatkan melemahkan dan merusak otot jantung.

Ketika otot jantung sudah rusak, maka jantung akan sulit memompa darah secara efisien dan bisa langsung mengakibatkan gagal jantung.

Merusak Otak

Bukan itu saja, dampak negatif minuman keras lainnya adalah bisa menurunkan kecerdasan bahkan ada yang menyebutkan bahwa akan membuat otak rusak secara permanen. Beberapa efek dari kerusakan otak itu adalah sering mengalami gangguan Mood, Ingatan jadi berkurang, pikun atau demensia dan masalah lainnya.

Sistem Kekebalan Tubuh Jadi Lebah

Minuman keras juga bisa mempengaruhi pada sistem kekebalan tubuh atau metabolisme tubuh yang maka akan sangat mudah terserang penyakit.

Check Also

ciri-ciri pecandu alkohol

Ciri-Ciri Pecandu Alkohol Yang Wajib Diketahui!

Mau tau bagaimana ciri-ciri pecandu alkohol? Nah, dibawah ini kami sudah merangkumnya dari berbagai sumber …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *