cara mengobati usus buntu tanpa operasi

Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi

Penggunaan Antibiotik dan juga obat alami yang sifatnya antibakteri serta anti-inflamasi adalah salah satu cara mengobati usus buntu tanpa operasi, tapi itu tergantung pada kasus atau kondisi penderitanya.

Jika kondisi usus buntunya sudah akut dan rasa sakitnya semakin parah, tentu saja obat alami atau herbal sepertinya tidak bisa digunakan untuk mengatasinya. Cara penyembuhannya harus cepat, maka operasi adalah jalan terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Namun, dibeberapa kondisi memang cara mengobati usus buntu tanpa operasi bisa dilakukan. Mau tau kondisi apa saja yang bisa diobati tanpa harus menjalani operasi? simak penjelasannya berikut ini

Cara Mengobati Usus Buntu Sesuai Kondisinya

Organ Usus Buntu atau Appendix
Posisi Organ Usus Buntu pada perut (Image Source: © 2009 WebMD, LLC. All rights reserved)

Usus buntu atau istilah lainnya adalah Apendistis adalah terjadinya peradangan pada organ tubuh appendix (usus buntu) yang akan menimbulkan rasa nyeri di area perut.

Perlu Anda ketahui juga bahwa usus buntu itu adalah organ yang ada didalam perut, bentuknya seperti jari dan menempel pada usus besar sebelah kakan dibawah rongga perut. Usus Buntu ini dianggap tidak memiliki fungsi, tetapi jika terjadi penymbatan karena peradangan akan sangat berbahaya.

Jika penyakit usus buntu tidak segera ditangani dan terjadi peradangan yang parah, usus tersebut bisa pecah dan berakibat bakteri, feses atau tinja bisa tumpah ke rongga perut. Oleh karena itu terdapat beberapa penanganan yang bisa diberikan kepada penderita, bisa menggunakan cara mengobati usus buntu tanpa operasi ataupun harus memilih melakukan operasi.

Memang jalan terbaik itu adalah dengan mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter praktek umum (dokter bpjs ataupun dokter asuransi lainnya) ataupun ke puskesmas. Jika kondisi dianggap tidak parah, mungkin penderita usus buntu bisa memilih pengobatan dengan antibiotik ataupun obat herbal alami. Tapi, jika kondisinya sudah parah biasanya akan diberikan surat rujukan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut dirumah sakit yang lebih besar.

Menurut Dr. Santi dari Medical Center Kompas Gramedia, ada 3 jenis pengobatan usus buntu yang dilihat dari sisi kondisinya yaitu :

Akut

Ketika kondisi usus buntu sudah akut (terjadi dalam hitungan jam) dan rasa sakitnya tidak tertahankan, maka harus segera diatasi dengan cara operasi.

Kronis

Kondisi seperti ini biasanya rasa nyeri yang disebabkan oleh usus buntu cenderung tidak sering muncul atau kadang-kadang muncul dan kadang-kadang hilang. Untuk mengatasi kasus seperti ini bisa menggunakan obat usus buntu alami ataupun obat-obatan dari dokter seperti antibiotik tanpa harus menjalani operasi.

Biasa

Jika kondisinya masih tidak parah dan hanya ada pembengkakan saja, maka cara mengatasinya bisa tanpa harus operasi. cukup dengan mengkonsumsi obat antibiotik dari dokter, menggunakan obat herbal usus buntu serta didukung dengan pola makan dan pola hidup sehat yang baik.

Antibiotik Untuk Mengobati Usus Buntu

Ada banyak media yang menyebutkan bahwa para ilmuan dari Finlandia melakukan penelitian bahwa peradangan usus buntu yang akut dan kondisi yang tidak parah, bisa menggunakan antibiotik untuk jalan pengobatannya. Tentunya harus sesuai dengan anjuran dokter.

Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengobati usus buntu tanpa operasi. Seperti kita ketahui bahwa hal tersebut harus dilihat dari kondisi penyakitnya terlebih dahulu.

Check Also

pengertian radang usus buntu

Pengertian Radang Usus Buntu dan Cara Mengenalinya

Pengertian radang usus buntu adalah sebuah penyakit peradangan yang terjadi pada usus buntu (organ yang …

7 obat herbal usus buntu paling ampuh

Ini Dia Obat Herbal Usus Buntu Paling Ambuh

Banyak yang mempercayai bahwa dengan obat herbal usus buntu yang direkomendasikan berikut ini bisa menyembuhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *