Siapa yang tidak tahu Nata De Coco, tidak diragukan lagi kelezatan dan kekenyalan dari nata de coco ini. Walaupun nata de coco tidak memiliki zat yang bergizi dan berarti untuk manusia, tetapi nata de coco ini mempunya kalori yang rendah. Nata de coco merupakan hasil dari fermentasi air kelapa dengan bibit nata de coco.

Pada saat musim kemarau terutama pada bulan ramadhan, nata de coco ini banyak dicari oleh masyarakat, karena nata de coco akan semakin nikmat jika dicampur dengan sirup atau minuman dingin lainnya.

Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan peluang untuk membuka usaha nata de coco ini meraih banyak keuntungan. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis nata de coco ini? Cara memulainya sangatlah mudah, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak serta alat yang digunakan pun seperi peralatan dapur pada umumnya. Membuatnya juga tidak memerlukan tempat yang luas.

Ini dia resep nata de coco yang lezat dan sangat mudah:

Alat dan Bahan:

  1. Loyang/mangkuk besar
  2. Kertas yang steril
  3. Karet
  4. Saringan
  5. Sendok pengaduk
  6. 5 liter air kelapa yang sudah disaring dan bebas kotoran
  7. 60 gram sukrosa/gula pasir
  8. 10 gram ammonium sulfat
  9. 2 gram mineral
  10. 2 gram citrid acid
  11. Acetic acid glacial secukupnya
  12. 100 ml bibit nata

Cara membuatnya:

Campur sukrosa/gula pasir, ammonium sulfat, mineral dan citrid acid kedalam air kelapa dan rebut semuanya dengan api sedang.

Tambahkan acetic acid glacial sampai pH larutan me capai 4-5. Lalu aduk sampai merata dan mendidih

Masukkan bibit nata (acetobacter xylium) ke dalamnya dan mendiamkannya selama kurang lebih 8 hari. Kemudian potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam kemasan.

Nata de coco pun jadi.

Nah, apabila nata de coco yang lezat serta nikmat tersebut sudah jadi. Langkah apalagi selanjutnya yang akan kita lakukan? Kita bisa mulai memasarkan nata de coco buatan kita. Promosikan kepada iklan di media massa lokal, juga bisa dititipkan pada toko-toko, pusat perbelanjaan seperti supermarket dan minimarket, tawarkan kepada event organizer atau pemilik hajat yang membutuhkan makanan demi kelangsungan acara mereka.

Sebelumnya, usahakan tingkatkan kualitas rasa dan kekenyalan mata, serta gunakan kemasan menarik. Nah, dengan begitu bisnis nata de coco anda yang enak dapat sukses di pasaran.