Membuka warung makan atau cafe di halaman rumah merupakan ide yang bagus dalam bisnis kuliner. Mengapa demikian? kita harus memahami terlebih dahulu bahwa rumah pada konsep dasarnya adalah tempat untuk berteduh dan beristirahat, maka suasana seperti di rumah tentunya akan sangat cocok untuk menjalankan bisnis kuliner. Dan salah satu penerapannya yakni dengan membuka usaha warung makan atau cafe di rumah sendiri yakni bisa di halaman rumah sebagai tempatnya.

Konsep dasarnya adalah menekankan pada segi kenyamanan. Orang akan datang dan dengan santai bercengkrama dengan temannya sembari memakan hidangan yang disajikan, itulah kenyamanan yang harus diberikan. Hal selanjutnya yang ditekankan tentunya lokasi yang juga harus strategis, hal ini tentunya menjadi faktor yang bisa dibilang untung-untungan. Jika untung rumah Anda memang strategis maka usaha warung makan bisa ramai dan sebaliknya. Hal lainnya yang tidak kalah penting tentunya makanan atau minuman yang Anda jual.

Rumah Makan di Halaman Rumah

Di Indonesia khususnya di kota besar dengan tingkat penetap sebagai pelajar atau mahasiswa yang besar tentunya kita akan biasa melihat warung makan yang sederhana dengan tempat usahanya menggunakan rumah mereka sendiri. Seperti contoh di Yogyakarta, banyak sekali warung makan rumahan yang sederhanya namun tetap ramai pengunjung. Hal tersebut ditunjang dengan menu makanan yang dijual serta kenyamanan lokasi yang diberikan dan yang terpenting tentunya harganya yang cocok dengan kantong mahasiswa.

Jika rumah Anda terbilang strategis, seperti dekat dengan kampus, atau dekat dengan kantor atau perusahaan, maka usaha warung makan rumahan bisa cocok dengan Anda. Pastikanlah terlebih dahulu rumah Anda strategis. Kemudian tentunkan menu makanan yang cocok dijual dengan target konsumen Anda. Jika di Jogja kebanyakan adalah mahasiswa tentunya paling cocok makanan jenis rumahan, seperti nasi, berbagai macam sayur, lauk pauk yang digoreng, dan sebagainya. Dan lebih ampuh lagi untuk menggaet konsumen jika “prasmanan” alias pengunjung bebas mengambil nasi sepuasnya. Yang pasti tetap tawarkan masakan yang menggugah selera dan mengenyangkan, selain itu berikan pula harga yang cocok di kantong. Harga yang murah rasanya sepadan ketimbang Anda harus menyewa tempat yang tentunya membutuhkan modal yang besar.

Cafe atau Warung Kopi di Halaman Rumah

Selain warung makan, konsep cafe atau warung kopi yang dijalankan di rumah sendiri juga ide bisnis yang bagus. Anda akan menawarkan suasana santainya rumah sendiri. Sama seperti konsep pada warung makan rumahan, Anda juga harus memperhatikan lokasi rumah Anda. Dan juga minuman atau makanan cafe yang Anda tawarkan beserta harganya juga harus menarik. Jika harga minuman dan makanan untuk sekelas cafe yang asli bisa dibilang mahal, maka untuk menu di cafe rumahan Anda tentunya harus lebih murah.

Nah, bisnis rumahan dengan membuka warung makan atau cafe di halaman rumah tentunya bisa menjadi alternatif menjalankan bisnis tanpa harus menyewa tempat. Namun yang jelas harus ada faktor untung-untungan dalam hal ini. Anda tidak perlu mendekorasi terlalu bagus atau mewah, cukup gunakan konsep dasar rumah Anda. Berikan suasama homely untuk usaha warung makan atau cafe rumahan Anda. Berikan pula menu masakan atau minuman yang cocok dan sesuai selera konsumen, dan jangan lupa harganya juga harus cocok pula. Selamat mencoba