Bisnis fruit carving adalah contoh bisnis sampingan yang menguntungkan. Fruit carving adalah jenis seni ukir pada buah atau sering disebut juga dengan “buah ukir”. Buah ukir ini sering digunakan sebagai buah pencuci mulut atau hiasan pada sebuah pesta maupun pada acara perayaan.

Fruit carving bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan. Bagi Anda ibu rumah tangga maupun seorang yang tidak memiliki pekerjaan tetap yang terikat, bisnis fruit carving bisa menjadi pilihan bisnis yang cocok untuk Anda. Anda bisa mengasah keahlian mengukir buah dengan berlatih. Buah yang bagus dijadikan fruit carving adalah buah yang tidak terlalu matang. Buah-buah yang biasa dijadikan fruit carving antara lain buah semangka, melon, pepaya, wortel, nanas, dan lain sejenisnya.

Buah-buahan ukir untuk pesta atau acara perayaan biasa menjadi bisnis yang menguntungkan. Banyak pesta-pesta besar yang digelar di hotel maupun tempat yang mewah yang menggunakan fruit carving sebagai bahan pendamping makanan yang disajikan. Bisnis fruit carving bisa juga digabungkan dengan bisnis lain seperti event organizer maupun bisnis catering atau bisnis kuliner semacamnya.

Jika Anda berminat menjalani bisnis fruit carving yang pertama harus Anda lakukan adalah belajar dan berlatih mengukir buah terlebih dahulu. Carilah tutorial mengukir buah di youtube. Dan banyak referensi yang lainnya juga. Selanjutnya adalah carilah link atau relasi terkait bisnis Anda, misal tawarkan jasa bisnis sampingan fruit carving Anda kepada teman yang akan berpesta atau instansi tertentu yang Anda kenal dan sebagainya. Jalanilah bisnis tersebut pelan-pelan dan kecil-kecilan. Selain itu Anda bisa pula menawakan jasa Anda kepada badan usaha yang sudah berjalan seperti event organizer, wedding organizer, usaha katering dan lain semacamnya.

Bisnis fruit carving buah-buahan ukir untuk pesta bisa menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan jika Anda telaten dan menjalani dengan serius. Potensi bisnis yang bagus dan prospek bagus. Di kota-kota besar di Indonesia peminat fruit carving terbilang besar hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya event-event yang dilakukan tiap bulannya. Bahkan setiap hari pada suatu daerah kota bisa 10 event digelar dengan berbagai jenis bisnis jasa di dalamnya.