Bisnis dan hutang bagaikan siklus hujan. Tanah yang kekeringan tumbuh subur kembali karena hujan turun membasahinya, kemudian kering kembali karena air dalam tanah tersebut kembali diserap ke awan. Dan begitu seterusnya.

Dalam bisnis momok yang paling ditakutkan adalah kegagalan. Salah satu faktor pembangun kegagalan tersebut adalah hutang. Jadi antara bisnis dan hutang dan kegagalan bisa kita katakan satu paket penting. Seorang pebisnis yang sukses adalah orang yang pernah gagal dan bangkit lagi sehingga tidak lagi takut akan kegagalan. Bagitu juga kaitannya dengan hutang. Seorang pebisnis sukses pasti mengalami hutang piutang dan tidak akan menjadi menyerah karena masalah tersebut dan ia bisa melewatinya.

Bisnis dan hutang adalah saling berkaitan erat. Hutang adalah solusi sekaligus ancaman bagi pebisnis. Hutang menjadi solusi dalam keuangan bisnis supaya bisa bertahan dan berkembang. Namun, hutang juga bisa menjadi ancaman jikalau terus-terusan mengandalkan pada hutang.

Sebagai pebisnis Anda harus mencamkan dalam diri Anda mental pebisnis yang bijak. Bijak dalam memperlakukan waktu. Bijak dalam mengambil tindakan. Pebisnis yang profesional dan bijak tidak serta merta mengandalkan hutang sebagai solusi masalah keuangannya. Masih banyak solusi-solusi lain yang bisa didapatkan. Dari sini kita ketahui betapa pentingnya konsultasi terhadap bisnis. Baca artikel berikut: Apakah Perlu Konsultan Bisnis?. Anda perlu menshare masalah bisnis Anda kepada teman-teman Anda atau orang yang lebih berpengalaman. Karena dari merekalah Anda akan mendapatkan solusi terbaik.

Perlakukan hutang jika benar-benar dalam kondisi paling dibutuhkan. Karena itulah cara tercepat mendapatkan uang secara instan. Namun, masih ada cara yang sebenarnya sangat ampuh namun harus dilakukan jauh-jauh hari. Yakni dengan kebiasaan memberi atau bersedekah. Baca arikel: 9 Rahasia Sedekah dan Efeknya Terhadap Bisnis. Dengan kebiasaan bersedekah Anda akan mendapatkan sesuatu yang tidak terduga atau secara spiritual sesuatu yang membantu Anda tanpa Anda perkirakan di saat Anda benar-benar membutuhkan.

Bisnis dan hutang jika kita perlakukan dengan bijak maka akan merealisasikan kesuksesan. Di antara keduanya kita tidak bisa menghindari. Jika berbisnis maka hutang akan selalu membayangi. Namun sekali lagi jika bijak dalam memperlakukan hutang maka itu bisa menjadi bumbu penyedap bagi kesuksesan Anda.