HOME
Home » bisnis menulis » 4 Tips Menjadi Seorang Penulis

4 Tips Menjadi Seorang Penulis

Posted at October 22nd, 2014 | Categorised in bisnis menulis

4 Tips Menjadi Seorang Penulis

Menjadi seorang penulis pada dasarnya sangat mudah karena menulis adalah kegiatan yang menyenangkan dan bagi sebagian orang menulis adalah hobi. Namun, usaha-usaha untuk serius menjadi seorang penulis yang kadang susah dilakukan.

Untuk mengasah kemampuan menulis, Anda bisa sering-sering berlatih. Menulis bukan kegiatan yang sekali jalan langsung jadi. Membutuhkan banyak waktu yang diperlukan dalam menulis dan menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan proses.

Tulisan yang Anda kumpulkan menjadi sebuah buku dapat Anda tawarkan kepada penerbit untuk menerbitkan buku Anda. Dari situ Anda bisa mendapatkan feedback dari pembaca apakah buku Anda bagus atau tidak. Dengan demikian Anda bisa merevisi buku Anda atau di buku terbitan kedua Anda akan lebih mengetahui keinginan pembaca.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh hal pertama yang sangat penting jika Anda benar-benar ingin menjadi penulis adalah usaha-usaha awal menumbuhkan jiwa menulis. Nah, berikut probisnis.NET beri 4 tips menjadi seorang penulis,

  1. Baca buku sealiran
    Langkah pertama yakni sering-seringlah membaca buku-buku yang sealiran dengan keahlian Anda. Misal Anda ingin menulis sebuah novel remaja yang isinya tentang percintaan anak SMA. Maka sering-seringlah membaca buku yang isinya seperti itu. Anda bisa mendapatkan inspirasi dari bahan bacaan tersebut.
  2. Berlatih
    Langkah selanjutnya yakni berlatih menulis. Berlatih menulis adalah hal wajib yang harus dilakukan jika Anda ingin menjadi penulis. Lakukanlah setiap hari karena dengan berlatih setiap hari Anda akan mendapatkan gaya menulis Anda.
  3. Catat ide
    Ide menulis kadang muncul secara tidak disengaja. Kadang saat Anda sedang duduk-duduk santai atau sedang menyetir mobil. Tips nya adalah selalu bawa note, atau persiapkan note dalam smartphone Anda. Nah, saat seketika ide itu muncul segeralah catat dalam note Anda. Lalu curahkan ide tersebut dalam setiap latihan menulis Anda.
  4. Minta tanggapan
    Yang terakhir mintalah feedback atau tanggapan dari teman atau siapa yang berkompeten dalam tulisan. Dengan feedback Anda bisa merevisi tulisan Anda.

Lakukanlah 4 tips menjadi seorang penulis tersebut. Jadikan sebagai kebiasaan Anda sehari-hari maka secara tidak sadar gaya hidup menulis akan menjadi kebiasaan. Maka menjadi seorang penulis bukan hal yang jauh dari Anda. Tawarkanlah hasil tulisan Anda yang sudah Anda rekap kepada penerbit dan berdoalah supaya tulisan Anda berhasil diterima dan kemudian diterbitkan.

Related Post to 4 Tips Menjadi Seorang Penulis

4 Ide Bisnis Bagi yang Suka Menulis

4 Ide Bisnis Bagi yang Suka Menulis

Posted at 21/10/2014

Menulis adalah hobi yang dianut sebagian orang. Kebanyakan yang memiliki hobi menulis adalah kaum hawa. Namun tak sedikit pula laki-laki juga... Read More