Kiat-Kiat Berkebun Tanaman Hidroponik

hydroponic-gardens
Kiat-Kiat Berkebun Tanaman Hidroponik

Kesan pertama dari budidaya hidroponik adalah eksklusif dan mahal. Alasan memilih budidaya hidroponik adalah pertanian masa depan sebab hidroponik dapat diusahakan di berbagai tempat, baik di desa, di kota, di lahan terbuka, atau di agas apartemen sekalipun. Hidroponik dapat diusahakan sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Maka dari itu, harga jual hasil panennya tidak khawatir akan jatuh. Pemeliharaannya pun lebih udah karena tempat budidayanya relatif bersih, media tanamnya steril, dan tanaman terlindung dari terpaan hujan. Serangan hama penyakit juga kemungkinan kecil. Tanaman akan lebih sehat, lebih vigor, dan produktivitas lebih tinggi.

Mutu hasilnya juga lebih bagus. Ini lah sebabnya harga jual hidroponik lebih mahal. Apa saja kiat berhidroponik secara murah?

  1. Buat formula nutrisi yang tepat, tetapi murah.
    formula yang tepat, tetapi murah? Bagaimana caranya? Kita cari tahu dulu apa itu hidroponik. Hidroponik berasal dari kaya hydro yang berarti air, dan ponos yang berarti kerja. Ini berarti pengerjaannya tanpa menggunakan media tanah. Fungsi tanah akan digantikan dengan media lain, seperti pasir, arang kayu, kertas, pecahan genting, kerikil zeolit, rockwool, ijuk, sabut kelapa, arang sekam, dll. Bahkan tanpa menggunakan media padat, bisa menggunakan air langsung, ini dinamakan (nutrient film technique).
  2. Gunakan Latthouse sebagai tempat penanaman
    Latthouse berbeda dengan greenhouse. Greenhouse menunjukkan suatu bangunan yang terbuat dari atap kaca dengan konstruksi bangunan permanen. Latthouse merupakan bangunan yang lebih sederhana dibandingkan greenhouse. Konstruksi bangunannya dapat semipermanen atau permanen. Kerangka dapat dibuat dari kayu, besi, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Untung menekan biaya pembuatannya, latthouse bisa dibuat dari bambu.
  3. Buat jaringan irigasi sederhana
    Larutan nutrisi dapat diberikan secara siraman, sirkulasi, dan tetesan. Metode tetes merupakan pilihan yang paling lazim karena dapat diterapkan mulai skala kecil hingga besar (industri). Cara kerjanya sederhana, praktis, efektif dan efisien. Sebaiknya memakai metode ini. Agar larutan nutrisi yang diberikan dapat menetes diperlukan suatu tenaga yang berasal dari tekanan pompa atau gravitasi bumi.

Kunci sukses berhidroponik di antaranya:

  1. lakukan analisis pasar sebelum memulai usaha
  2. Tentukan strategi pemasarannya
  3. Lakukan promosu dan negosiasi

Prinsip kerja hidroponik:

  1. Menyiapkan tempat budi daya yang bersih, tidak ternaungi, dan atap bangunan tertutup plastik transparan
  2. Memasang jaringan irigasi dengan metode tetes menggynakan gaya gravitasi
  3. Menyediakan media tanam yang porus, steril, ringan, mudah didapat, dan mudah
  4. Memberikan larutan nutrisi yang mengandung 16 unsur hata esensial tersebut dalam dosis, konsentras, komposisi, PH, dan volume yang tepat kepada tanaman yang dibudidayakan
  5. Melakukan pemeliharaan dengan baik dan benar, terutama pemangkasan, pemasangan benang lanjaran, dan pengendalian hama dan penyakit.

Di atas tadi adalah kiat-kiat berkebun tanaman hidroponik secara mudah. Keuntungannya juga tidak sedikit, sangat banyak. Tidak terkalahkan dengan bercocok tanam biasa. Hidroponik juga kualitasnya terjamin. Tidak sulit untuk mencobanya. Selamat mencoba.