5 Prinsip Universal Perusahaan Dalam Bidang Jasa

perusahaan jasa
5 Prinsip Universal Perusahaan Dalam Bidang Jasa

Untuk mewujudkan atau memajukan perusahaan-perusahaan kita menjadi perusahaan yang sukses dan semakin besar, tidaklah luput dari prinsip yang kita gunakan. Untuk lebih membantu, ini dia beberapa prinsip universal perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. (Baca juga: Ide Bisnis Jasa/ Layanan Antar Delivery)

1. Pelayanan Lateral
Yang pertama terdapat pelayanan lateral. Anda mungkin pernah saat makan di restoran mendengar pertanyaan dari seorang pelanggan, “Pelayan, kok lama benar?” lalu akan dijawab “Maaf, itu bukan bagian saya.” Astaga, bagaimana bisa perusahaan dapat dikatakan maju apabila pelayannya seperti ini. Perusahaan-perusahaan jasa besar terbaik memiliki falsafah yang sangat sederhana. Mereka lakukan apa saja untuk memastikan bahwa pelanggan mereka memeroleh pengalaman hebat dan dilayani melampaui harapan mereka. Salah satu konsep yang memungkinkan hal imi terwujud adalah Pelayanan Lateral, di mana pelayanan sesama rekan kerja sama pentingnya dan sama diutamakannya dengan pelayanan terhadap para pelanggan.

2. Pemberdayaan
Pemberdayaan sering merupakan konsep yang sulit bagi manajemen puncak yang sudah terbiasa membuat semua keputusan. Namun, dengan diambilnya keputusan-keputusan secara bijak oleh karyawan-karyawan yang berpengetahuan di seluruh jenjang, para eksekutif puncak mempunyai banyak waktu untuk merencanakan masa depan dan menjadi kreatif. Konsep ini terasa paling sulit bagi pada manajer madya, karena peran mereka yang tadinya hanya memerintah kini berubah menjadi pelatih.

3. Peryataan Komitmen Pada Pelayanan
Pernah mendengar, “Kami adalah tuan-tuan dan nyonya-nyonya yang melayani tuan-tuan dan nyonya-nyonya.”. Pernyataan komitmen ini menyampaikan martabat kedudukan mereka dan memungkinkan para karyawan untuk merasa bangga akan diri mereka, seraya memahami peran mereka.

4. Mempekerjakan Sikap, Kemudian Melatih
Perseroan-perseroan yang baik mencari orang-orang yang memiliki suatu sikap ingin membantu orang-orang dengan tulus. Pendekatan pelayanan yang berkepedulian berasal dari dalam dan bukan sesuatu yang Anda ajarkan melalui program-program pelatihan atau buku-buku pedoman kebijakan atau prosedur. Mempekerjalan seorang yang tidak memiliki sikap pelayanan dan kemudian mencona melatihnya, agak mirip dengan ungkapan “Anda takkan pernah bisa mengajar seeokor babi untuk menyanyi. Itu hanya membuang-buang waktu anda dan mengusik si babi.”. Perusahaan-perusahaan terbaik mencari dan mempekerjakan orang-orang yang merasa bahwa melayani orang-orang lain itu adalah suatu kehormatan.

5. Keperdulian Sejati terhadap Pelanggan
Memedulikan setulus-tulusnya si pelanggan dan kepuasannya tentu saja penting sekali. Karena hanya ada satu raja, Sang Pelanggan. Dia bisa memecat siapa saja dengan membelanjakan uangnya di tempat lain.

Nah, di atas merupakan 5 prinsip perusahaan besar dalam usahanya. Kalian bisa mencoba prinsip tersebut, masih banyak prinsip lain. Intinya, Anda harus melayani pelanggan dengan semaksimal mungkin, jangan lupa saling membantu terhadap para pekerja. Semoga bermanfaat.