Cara Memulai Bisnis Fashion atau Busana untuk Para Pemula

bisnis fashion

Cara Memulai Bisnis Fashion atau Busana untuk Para Pemula

Seiring berkembangnya zaman, dunia fashion semakin mengalami perubahan. Dunia ini pun akhirnya menjadi lahan empuk bagi beberapa orang untuk memulai bisnisnya di bidang fashion. Dan, untuk terjun ke dunia itu, jika Anda sebagai mahasiswa yang bermodal, ada banyak pilihan, mulai dari skala kecil sampai kelas factory outlet , yang disesuaikan dengan modal calon owner.

Salah satu rahasia untuk meraih sukses dalam industri fashion adalah bekerja dengan menggunakan kekuatan kreatif, kekuatan strategis, dan kekuatan psikologis optimis dari setiap orang di tempat kerja. Bisnis fashion sangat sensitif terhadap kualitas, mode, harga, tren, dan gaya hidup yang selalu berubah bersamaan dengan berubahnya kebutuhan, daya beli, dan selera konsumen.

Oleh karena itu, dibutuhkan integritas total dari setiap orang di industri fashion untuk bersikap prokreatif dalam memahami dan melayani semua kebutuhan pasar secara sempurna. Adapun menganggap ringan dan melalaikan persepsi pasar merupakan sebuah perbuatan keliru dalam bisnis fashion.

Konsumen dalah harta karun industri fashion yang akan terus menciptakan nilai tambah kuat kemajuan bisnis fashion. Sebuah industri fashion harus benar-benar memahami tentang makna dari semua desain yang dibuat. Dalam hal itu, perlu dikaji mengenai dampak desain fashion tersebut, yang bisa menciptakan rasa nyaman, pantas, dan bahagia bagi si pemakai.

Salah satu rahasia agar sukses berbisnis di dunia fashion adalah bekerja dengan menggunakan kekuatan kreatif, kekuatan strategis, dan kekuatan psikologis optimis dari setiap orang di tempat kerja.

Usaha pakaian tentu memiliki prospek yang cerah. Sebab, semua orang membutuhkan pakaian untuk melengkapi kebutuhan sandangnya. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Oleh karena itu, kalau Anda memakai system reseller, maka Anda harus mencari supplier yang kooperatif dan konsultatif. Maksud dari konsultatif adalah si supplier dapat memberi saran-saran mengenai produk yang sedang tren atau disukai para pembeli.

Industri fashion memang tidak akan pernah punah oleh perubahan apapun. Tetapi, industri fashion selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk menghadirkan karya-karya baru yang mungkin akan menarik minat pembeli.

Jika Anda tertarik dengan bisnis dalam bidang fashion,  berikut analisis bisnisnya :

  1. Modal Awal
  2. Tempat 5.000.000,00
  3. Belanja barang-barang 6.000.000,00
  4. Rak dan gantungan baju 3.000.000,00
  5. Etalase 3.000.000,00

____________________________________ +

Jumlah =                                      Rp. 17.000.000,00

 

  1. Biaya Operasional
  2. Membeli majalah atau poster 1.000.000,00
  3. Gaji pegawai

@ Rp.800.000,00 x 2 orang                                  Rp. 1.600.000,00

  1. Promosi 100.000,00
  2. Listrik dan admisnitrasi 200.000,00

___________________________________________________ +

Jumlah =                                                                      Rp. 2.900.000,00

 

  1. Omzet Tiap Bulan

Tiap bulan, Anda bisa mendapatkan omzet sebesar Rp. 5.000.000,00.

 

  1. Laba Bersih Tiap Bulan

Anda dapat memperoleh laba bersih sebesar Rp. 2.100.000,00

Masa kembali modal adalah kurang lebih 5 bulan.