Mengenal Bisnis Sewa Mobil Secara Kontrak Lengkap dengan Tips

Mengenal Bisnis Sewa Mobil Secara Kontrak Lengkap dengan Tips

Kalau mobil Anda menganggur, tak ada salahnya disewakan. Anda bisa menghubungi car parental¬† untuk “menitipkan” mobil Anda di sana, dengan perjanjian bagi hasil yang telah disepakati. Perusahaan persewaan mobil yang kurang armada akan mencari pemilik mobil yang bersedia mobilnya disewakan dalam jangka panjang. Selain menggunakan sistem sewa denga biaya tetap (misalnya Rp. 6 juta per bulan), beberapa perusahan rental mobil menggunakan sistem imbal hasil. Jadi, mereka menerima uang tunai dari investor untuk dibelikan mobil, dan imbal hasil iti diberikan dalam bentuk uang tunai, dihitung persentase dari investasi.

Selain perusahaan persewaan mobil (car rental ), banyak juga perusahaan swasta yang lebih memilih menyewa kendaraan daripada membeli mobil untuk operasional. Dengan menyewa, mereka terhindar dari biaya penyusutan mobil yang tinggi. Dari sisi pajak, menyewa mobil dapat langsung dibiayakan sehingga bisa mengurangi beban pajak, menyewa dapat langsung dibiayakan sehingga bisa mengurangi beban pajak. Sebab, beban pajak sewa mobil seringkali dibebankam kepada pemilik mobil. Baik PPh (pajak penghasilan) atas biaya sewa, maupun pajak kendaraan bermotor pada saat memperpanjang STNK.

Berikut tips sukses menyewakan mobil secara kontrak:

  1. Sebaiknya membeli mobil baru dalam keperluan ini. Hitunglah uang angsurannya. Perhitungkan kemampuan mengangsur. Tanyakan dengan rinci apakah uang sewa akan Anda terima setiap bulan atau setahun sekali. Jika setiap bulan, sesuaikan jadwal pembayaran saat jatuh tempo.

Namun apabila Anda berpikir untuk membeli mobil bekas ini juga tidak masalah. Jangan lupa meminta surat-surat kelengkapan kendaraan pada si penjual mobil bekas. Periksalah keabsahan dokumen-dokumen kelengkapan kendaraan tersebut kepada polisi. Lebih baik sedikit keluar sedikit uang, demi keamanan barang yang kita miliki.

  1. Pilihlah merek mobil yang banyak digemari konsumen. Jangan lupa memilih mobil yang konsumsi BBM nya irit dan enak dipakai. Biasanya, para konsumen menyewa mobil yang daya tampungnya luas, karena umumnya mereka menyewa mobil untuk acara keluarga. Merek-merek seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, serta Kijang Inova merupakan merek-merek terkenal dan favorit.
  2. Carilah beberapa teman yang berminat menyewakam mobil dengan sistem ini. Setidaknya, Anda tidak menjalaninya sendirian, sehingga bisa saling tukar informasi.
  3. Perusahaan penyewa yang bonafid atau terpercaya akan memrioritaskan pemilik mobil yanh memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Tidak ada salahnya mengurus NPWP karena akan memperluas pasar Anda.
  4. Waspadai penipuan. Sangat bijak untuk mengenal dengan baik contact person yang hendak menyewa mobil Anda. Pastikan dia benar-benar berasal dari perusahaan persewaan atau perusahaan lain yang hendak menyewa mobil secara kontrak. Lakukan konfirmasi langsung ke perusahaan tersebut.

Begitulah hal-hal mengenai bisnis sewa mobil. Jadi tak ada salahnya Anda memulai sekarang. Bisnis ini juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar dan menjalani bisnis ini tak perlu repot dan tidak menguras tenaga.