Kelebihan Serta Kekurangan Berbisnis Secara Online

Kelebihan-Serta-Kekurangan-Berbisnis-Secara-Online-min

Meraup keuntungan atau memulai suatu bisnis bisa dilakukan di mana saja. Seiring berkembangnya zaman, internet yang semakin cepat, aplikasi yang memadai, dan teknologi yang semakin canggih membuat banyak orang membuka usahanya dengan memanfaatkan internet.

Berbisnis dengan modal internet dan alat komunikasi atau personal computer biasa dikenal dengan bisnis online. Penjualannya tidak membutuhkan tempat atau lokasi yang luas, dan tidak harus bertatap muka secara langsung dengan para pembeli.

Juga, dikarenakan banyaknya pengguna internet membuat potensi kesuksesan bisnis ini semakin tinggi. Karena seluruh masyarakat dunia hampir menggunakan internet, penjualan pun tidak terbatas di negara di Indonesia saja.

Berikut kelebihan berbisnis secra Online:

Tidak Membutuhkan Lokasi

Berbisnis online lain halnya dengan berjualan secara langsung, walaupun  keduanya sama-sama berdagang.

Berbisnis secara online hanya membutuhkan tempat dengan koneksi jaringan internet yang sangat tinggi, yang akan membuat internet berjalan secara cepat.

Tidak Membutuhkan Modal yang Banyak

Modal awal dari berbisnis secara online hanya personal computer, atau alat komunikasi yang terdapat internet, serta kuota internet. Apabila kita sudah mempunyai laptop, kita hanya butuh kuota internet. Semakin sedikit bukan modalnya?

Dapat Dilakukan Dimana dan Kapan Saja

Bisnis online memang sangat mudah, kita bisa melakukannya dimana dan kapan saja. Entah di kamar saat malam, entah di kampus saat jam kosong. Dan dimana pun.

Tidak Terikat

Tidak terikat dengan pemerintah, kantor, atau lembaga apapun. Usaha online itu adalah milik kita. Kita mempunyai hak secara utuh atas itu, mau pakai apapun kita bebas. Tidak diharuskan memakai seragam, yang terikat dengan kantor.

 Transaksi yang Cepat dan Mudah

Transaksi atau sistem pembayaran yang dilakukan pun sangat mudah. Ini bisa menggunakan bank lalu mentransfer uangnya.

Nah, lalu apa kekurangan berbisnis secara online? Melihat dari segi kelebihannya bisnis ini sangat menggiurkan. Lalu, tidak ada sesuatu yang sempurna, tentulah ada kekurangan. Berikut kekurangannya:

  1. Penipuan

Dengan tanpa adanya pertemuan secara langsung, dan transaksi dilakukan secara transfer. Ini membuat semakin besarnya peluang para penipu untuk menjalankan aksinya, menipu para pebisnis online.

  1. Kurang Mendapat Kepercayaan Dari Masyarakat

Isu-isu bahwa barang yang tidak sesuai dengan yang disediakan di gambar, membuat masyarakat kurang percaya terhadap penjual online. Sebaiknya, berikan informasi mengenai barang tersebut agar lebih jelas.

  1. Ongkos Kirim Yang Mahal

Ongkos kirim atau yang kita kenal ongkir juga dapat dikatakan mahal apabila pengiriman barang dituju ke tempat yang lumayan jauh, dan biaya ongkos kirim yang berubah-ubah pula merupakan suatu kelemahan bisnis secara online ini.

  1. Biaya Internet Yang Mahal

Bisnis ini memang modalnya hanya kuota internet, namun jika pemakaiannya tidak teratur dan cenderung boros, akan menimbulkan pembengkakan pengeluaran untuk membayar internet tersebut.

  1. Memulai Bisnis Online Membutuhkan Waktu Yang Lama

Bisnis online memang membutuhkan waktu cukup lama, dari awal memulainya pun, penjual online harus berusaha sekeras mungkin meyakinkan para pengguna internet untuk membeli produk yang ia jual.

Demikianlah diatas kelebihan dan kekurangan berbisnis secara online. Kalian bisa mencobanya, bisnis ini juga tidak memandang usia. Asal kalian rajin dan tekun mengeluti bisnis itu, maka kalian akan meraih kesuksesan.