13 Strategi Yang Harus Digunakan Untuk Membuat Usaha Rumah Makan

Strategi yang harus digunakan untuk membuat usaha rumah makan sebenarnya tidaklah sesulit yang kita kira. Rumah makan yang akan kita buka bisa mengambil tempat di pinggir jalan-jalan besar, atau strategis. Selain untuk meminimalisasi modal, juga lokasi yang kita pilih dapat dilihat secara langsung oleh para pengguna jalan. Jika kita sudah menemukan tempat yang strategis, ada baiknya kita mulai mencari pegawai sambil merenovasi tempat, dan membeli berbagai peralatan masak. Jika kita sudah memiliki keyakinan bahwa makanan yang akan kita hidangkan memiliki nilai lebih kita hanya harus memikirkan bagaimana starategi yang baik agar rumah makan yang kita buka banyak pengunjungnya. Beberapa strategi berikut mungkin bisa kita coba:

  1. Iklan

Iklan tidak mutlak harus dilakukan. Tetapi tidak ada ruginya apabila kita mencoba berpromosi dengan iklan baik di media massa maupun penggunaan brosul dan leaflet.

  1. Diskon

Diskon bisa kita gunakan di awal pembukaan restoran atau pada saat omset kita agak menurun.

  1. Strategi Penyajian

Penyajian juga bisa menjadi strategi promosi tersendiri. Caranya, kita beri label, nama, dan nomor telepon tempat usaha kita di setiap kemasan yang ada seperti kardus, plastik, dan lain-lain.

  1. Kerjasama dengan Radio

Kerjasama dengan radio misalnya kita memberikan hadiah kuis yang berupa voucher untuk makan di tempat kita dengan harga diskon.

  1. Relasi

Relasi adalah kenalan dan teman-teman kita yang bisa kita minta bantuan untuk mempromosikan usaha kita ini kepada kenalan mereka.

  1. Pengunjung Melihat Proses Mengolah Makanan

Beberapa rumah makan sudah mulai menggunakan hal ini. Caranya mereka memindah dapur di depan dan di hadapan pelanggan.

  1. Strategi Promosi

Dalam setiap kemasan produk makanan kita, bisa kita sisipkan label/leaflet muni tentang info pemesanan. Promosi juga dapat dilakukan dengan cara membuat brosur atau proposal. Brosur atau proposal ini yang nantinya bisa kita sebarkan ke supermarket, minimarket, hotel, tempat tujuan wisata, terminal, stasiun dan berbagai prospek konsumen yang lain.

  1. “Sponsorship”

Rumah makan yang kita buka bisa menjadi sponsor apabila ada suatu acara yang terutama membutuhkan sponsor dalam bidang makanan. Sponsor bisa memberikan uang, spanduk, sampel produk, voucher diskon dan berbagai macam hal lain.

  1. Foto Selebritis

Promosi ini termasuk mahal, tetapi sangat bermanfaat sekali. Hal ini banyak dilakukan di kota besar. Para pelaku bisnis makanan tersebut, mengundang satu atau beberapa selebritis untuk mencoba makanan atau minuman kita dan kita memfotonya untuk dipajang di salah satu dinding tempat kita usaha.

  1. Undian

Undian ini dapat kita lakukan dengan cara apabila setiap konsumen membeli

  1. Free Softdrink

Memberikan fasilitas softdrink biasa dilakukan oleh para pembisnis terutama pada awal pembukaan. Kita juga bisa menggunakan strategi ini pada awal pembukaan usaha kita.

  1. Atribut

Dengan berbagai macam atribut yang kita pasang seperti spanduk, papan nama, penunjuk jalan, bisa membuat orang semakin mudah membaca dan nengetahui tempat usaha kita.

  1. Sistem Paket

Penjualan dalam sistem paket ini sering dilakukan oleh para pembisnis. Mengingat pelanggan lebih tertarik pada tawaran membeli dalam satu paket karena terkesan mempunyai harga yang lebih murah.

13 strategi di atas dapat kita coba untuk membuat usaha rumah makan kita sukses. Mudah sekali ya, masih banyak pula strategi yang dapat kita gunakan, asalkan strategi tersebut dapat membuat usaha kita sukses. Seperti contohnya, kita bisa memberi nama sendiri untuk membedakan rumah makan kita dengan rumah makan lainnya. Hal ini juga bisa membuat promosi dari mulut ke mulut semakin lancar.