Bisnis Foto Copy di Sekitar Kampus atau Sekolah

Bisnis Foto Copy di Sekitar Kampus atau Sekolah
Bisnis foto copy di sekitar kampus atau sekolah mungkin salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Kebutuhan akan penggandaan dokumen yang sebagian besar biasa diperlukan oleh kalangan pelajar di Indonesia yang sangat besar tentunya menjadi alasan utama kenapa bisnis foto copy akan terus hidup.

Di Indonesia yang menggunakan sistem pendidikan wajib 9 tahun dan masih ada jenjeng lanjutan sampai ke perguruan tinggi tentunya memberikan pangsa pasar yang sangat besar. Betapa tidak, hampir setiap jenjang pendidikan pasti akan selalu membutuhkan jasa foto copy sebagai cara untuk menggandakan dokumen. Sebagai buktinya di sekitaran sekolah maupun kampus pasti kita tak jarang melihat tempat usaha foto copy dan bermacam lainnya yang berhubungan dengan pengolahan dokumen.

Sama halnya dengan bisnis warnet yang menjanjikan, bisnis foto copy juga terbilang menjanjikan. Selain bisnis ini akan terus berjalan, persaingan juga bisa dibilang tidak ketat. Hal ini bisa kita buktikan di beberapa lingkungan sekitar kampus yang tentunya bukan hanya satu dua saja yang membuka usaha foto copy melainkan ada banyak dan masing-masing tetap ramai dikunjungi para mahasiswa atau pelajar.

Modal Membuka Usaha Layanan Jasa Foto Copy
Modal untuk membuka bisnis foto copy terbilang tidak sedikit jika dibandingkan dengan bisnis kecil-kecilan seperti kuliner dengan gerobak. Umumnya modal untuk membuka usaha foto copy adalah di atas 10 juta dan 20 juta. Hal tersebut tentunya wajar karena banyak aspek yang harus diperhatikan antara lain untuk tempat usaha, mesih foto copy, berbagai kelengkapannya dan karyawan. Namun nilai investasi modal yang tidak sedikit tersebut tentunya akan terbayar dengan besarnya konsumen yang akan datang.

Mesin foto copy ada banyak jenis dan merknya, antara lain mesin Xerox, Canon, HP dan lain-lain. Untuk kelengkapan atau alat-alat lain antara lain seperti kertas, toner/tinta, dan peralatan kantor lain.

Menggabungkan Dengan Jasa atau Jualan Lain
Kebutuhan pelajar atau mahasiswa tentunya bukan hanya untuk menggandakan dokumen saja, ada yang membutuhkan jasa jilid, membutuhkan jasa print, laminating, scan dan lain sebagainya. Dari semua keperluan dan kebutuhan tersebut kita bisa menambahkannya pada bisnis foto copy. Jadi kesimpulannya tempat usaha jasa layanan foto copy bisa tambahkan dengan jasa laminating, jilid, scan, print, dan lain sebagainya. Bisa pula digabungkan dengan etalase jualan berbagai alat kantor atau sekolah.

Nah, inovasi dan improvisasi dalam bisnis foto copy tentunya bisa menjadi cara tersendiri untuk menggaet pengunjung. Dengan modal usaha yang cukup besar untuk ukuran omzet yang tidak besar namun jika digeluti secara konsisten maka akan dapan mendatangkan untung yang besar.

Memulai Usaha Jasa Foto Copy
Mulailah dengan mencari tempat usaha yang ramai dan strategis. Tentunya di lingkungan atau sekitar sekolah atau kampus. Selanjutnya carilah produsen mesin foto copy dengan kualitas terbaik dan harga terbaik pula. Dan bukalah usaha foto copy Anda dengan sistem yang Anda rasa bagus. Sebagai tambahan, untuk membuka usaha foto copy ternyata ada juga yang menawarkan jasa franchise, yakni Anda tinggal membeli lisensinya saja maka nanti akan dibuatkan lengkap bisnisnya. Untuk lebih detailnya Anda bisa mencari referensi tentang hal tersebut di media online ataupun media massa. Namun yang terpenting tetaplah persiapkan mental dan modal. Bertanyalah kepada pelaku bisnisnya langsung untuk mendapat kemantapan. Ditambah dengan belajar dari media online atau media massa tentunya akan semakin menambah yakin untuk menjalankan bisnis foto copy di sekitar kampus atau sekolah.