Bisnis Budidaya Jamur Merang dengan Kardus

Bisnis Budidaya Jamur Merang dengan Kardus
Bisnis budidaya jamur merang dengan kardus adalah salah satu bisnis yang bisa dijalankan dengan skala besar maupun rumahan. Jamur merang adalah tumbuhan jamur yang bisa dimakan atau dikonsumsi. Jamur merang juga merupakan bahan pangan yang sering dikonsumsi oleh orang asia. Di Indonesia permintaan terhadap jamur merang relatif cukup tinggi. Tak sedikit rumah makan atau restoran yang menggunakan jamur merang sebagai salah satu menu andalannya.

Nama jamur merang ialah karena media yang digunakan untuk pengembangbiakkan jamur adalah merang atau jerami.

Media merang atau jerami adalah media yang umumnya digunakan pada usaha bisnis yang besar dengan lahan yang besar. Namun ada media lain yang juga bisa menjadi tempat berkembangbiaknya jamur merang yakni kardus. Kardus adalah solusi untuk bisa menjalankan bisnis budidaya jamur merang dengan skala kecil dengan keterbatasan tempat. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan tempat atau yang tinggal di kota bisa mencoba menjalankan bisnis budidaya jamur merang ini dengan media kardus.

Menggunakan kardus sebagai pengganti merang atau jerami memiliki keunggulan yakni menghasilkan jamur yang lebih kenyal dan juga aroma yang lebih wangi dengan warna yang lebih putih. Selain itu kardus juga mudah untuk didapatkan karena memang pada umumnya merupakan barang sisa.

jamur merang dengan kardus

PROSES BUDIDAYA JAMUR MERANG

Persiapan Tempat
Buatlah tempat pembudidayaan jamur merang seperti ini
sketsa tempat budidaya jamur merang

tempat budidaya jamur merang
Tempat pembudidayaan terbuat dari bambu dan atap jerami. Atau Anda bisa membuat supaya lebih modern yakni dengan bambu atau kawat.

Pembuatan rak
Setelah tempat disiapkan lalu buatlah rak nya. Rak bertujuan untuk menempatkan atau menaruh kardus dan sebagai tempat pertumbuhan jamur merang.

Bahan dasar
Pupuk NPK (ΒΌ kg), Petroganik (1 kg), Dedak halus (5 kg), kapur (5 kg), Tepung beras ketan, Bonggol pisang (5 kg), Limbah sayuran (10 karung) dari tanaman kubis, bungkol, pecsai, caisin dan kangkung, Arah sekam (25 kg) dan Kardus 20kg.

Penanaman
Proses penanaman jamur merang pada media agak rumit namun tetap mudah untuk dilakukan. Singkatnya yakni dengan melandasi terlebih dahulu rak dengan berbagai campuran media lalu berikan benih jamur merang.

Pemeliharaan
Suhu ruangan harus dijaga 28-35. Hal terpenting pada budidaya jamur merang adalah pemeliharaan suhu dan pemberian bahan makanan berupa perasan air cucian beras.

Pemanenan
Pemanenan jamur merang dilakukan pada ari ke 10-14 sejak penanaman. Panen dapat dilakukan setiap harinya sampai tananan berumur sabulan. Sebaiknya jamur merang dipanen sebelum mekar yaitu pada saat kancing masih dalam tahap stadium telur agar mendapatkan harga yang lebih baik.

Bisnis budidaya jamur merang dengan kardus bisa Anda lakukan dengan skala kecil. Anda bisa menggunakan kebun atau halaman belakang rumah Anda sebagai tempat budidaya.

Langkah awal jika Anda ingin menjalankan bisnis ini yakni carilah buku tentang budidaya jamur merang dengan kardus dan bacalah. Jika perlu Anda bisa mendatangi dan bertanya langsung pada pelaku usaha tersebut. Kesuksesan bukan serta merta datang dengan cepat. Keuletan dan kesabaran Anda dalam menjalankan bisnis atau usaha-lah yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.

Baca juga: Bisnis Budidaya Jamur Tiram