Bisnis Budidaya Cabe Rawit dengan Polybag

cabai_rawit_merah

Bisnis budidaya cabe rawit dengan polybag adalah bisnis sampingan yang cocok bagi Anda yang memiliki waktu luang di rumah. Budidaya dengan media polybag dengan skala kecil adalah salah satu contoh bisnis budidaya di lingkup lingkungan modern. Konsepnya sama seperti berkebun cabe rawit pada umumnya hanya saja dengan skala yang lebih kecil dan media tanam menggunakan polybag.

Bisnis budidaya cabe rawit dengan polybag adalah contoh bisnis holtikultura modern. Melihat tingginya permintaan bahan pangan di pasar Indonesia menjadikan bisnis budidaya dengan sistem yang lebih modern menjadi dipertimbangkan. Bisnis budidaya modern tersebut tentunya adalah representasi dari bisnis budidaya pada umumnya hanya saja dijalankan dalam lingkup yang kecil. Lahan yang kecil, proses pembenihan, pembibitan dan pemanenan yang kecil serta pemasaran yang juga terbatas. Namun kualitas produk yang dihasilkan tentunya unggul.

Permintaan terhadap pasar cabe rawit selalu menjadi sorot utama masalah di Indonesia karena sengat tinggianya permintaan dan sedikitnya ketersediaan. Tentunya hal tersebut menjadi alasan utama mengapa bisnis budidaya cabe rawit modern perlu diperhitungkan.

Penanaman cabe rawit dengan polybag bisa menggunakan media tanah atau organik. Penanaman dan pembudidayaannya pun bisa dilakukan dengan sepetak tanah atau kebun di rumah. Produk cabe rawit tentunya menggunakan bibit dengan varietas unggul. Cabe rawit yang dihasilkan adalah cabe rawit hijau, merah dan kuning.

PROSES BUDIDAYA CABE RAWIT MODERN

cabe rawit budidaya
Pemilihan benih
Benih yang digunakan adalah benih dengan varietas unggul. Anda bisa mendapatkannya di pusat penjualan benih cabe rawit atau bisa Anda cari di internet. Banyak yang menjual benih cabe rawit dengan kualitas super alias varietas unggul. Meskipun harganya lebih mahal namun produk yang dihasilkan tentunya sepadan dengan harganya.

Penyemaian benih
Benih disemaikan terlebih dahulu untuk menyeleksi pertumbuhan benih. Penyeleksian benih dengan cara memisahkan benih yang tumbuhnya kerdil, cacat atau berpenyakit dengan yang bagus. Pada proses penyemaian ini digunakan polybag ukuran kecil (8×9 cm)

Penyiapan media tanam
Selanjutnya penyiapan media tanam. GUnakan polybag yang berukuran di atas 30 cm supaya lebih kuat. Beri lubang pada dasar wadah untuk saluran drainase.

Pemindahan bibit
Proses selanjutnya adalah pemindahan bibit ke media polybag yang lebih besar. Dan bibit cabe rawit siap untuk dipelihara dan dirawat.

Pemeliharaan dan perawatan
Pemeliharaan dan perawataan bibit cabe rawit meliputi: pemupukan, penyiraman, pengajiran (agar tanaman tumbuh tegak), perompesan (pembuangan tunas muda), penanganan agar tahan hama dan penyakit.

Pemanenan
Cabe rawit yang siap panen adalah cabe dengan warna kulit merah dan ada sedikit hijau atau kuning. Masa tahan cabe rawit adalah 2-3 hari untuk dijual di pasar. Proses pemanenan bagusnya dilakukan di pagi hari.

Budidaya cabe rawit dengan polybag bisa Anda jalankan di rumah Anda. Anda bisa menjadikan usaha berkebun cabe rawit ini sebagai usaha sampingan di rumah.