Bisnis Bakpia Rumahan

Bisnis Bakpia Rumahan
Bisnis bakpia rumahan mungkin adalah contoh bisnis kuliner skala kecil dengan untung yang lumayan besar. Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Bakpia adalah kuliner yang identik dengan Yogyakarta. Di Jogja sendiri banyak sekali brand-brand besar bakpia sebagai contoh: Bakpia Kurniasari, Bakpia 145, Bakpia 75, Bakpia 25, Bakpia Merlino, Bakpia Djava, Snack It Pia 100, Bakpia Kencan, Bakpia Pathok, Bakpia Djava, dan masih banyak yang lainnya. Di kota Malang ada pula Bakpia Mangkuk, dan di beberapa kota lain bakpia juga tak jarang yang menjajakannya. Kuliner satu ini dapat disimpulkan pangsa pasarnya besar karena tentunya menjadi makanan yang disukai banyak masyarakat Indonesia.

Bakpia adalah makanan dengan bentuk seperti roda yang isinya campuran kacang hijau dengan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Awalnya makanan bakpia ini adalah makanan khas orang China, namun entah dari mana asal muasalnya di Indonesia terutama di Yogyakarta makanan bakpia tersebut menjadi sangat populer. Hingga saat ini bakpia bukan hanya memiliki rasa kacang hijau saja melainkan juga ada rasa cokelat, keju, kumbu hijau, kumbu hitam, strawberry, durian, dan cappucino. Dan masih ada lagi varian rasa lain tergantung pembuatnya.

Berbicara tentang prospek bisnis bakpia rumahan, kita bisa mengambil contoh pada Bakpia yang ada di Jogja seperti Bakpia Pathok yang sangat terkenal. Dengan harga jual Rp 20.000 – Rp 40.000 dan tiap harinya bisa menjual hingga ratusan pack. Dari sini kita bisa menilai bahwa prospek bisnis bakpia tentunya bagus.

Bakpia Pathok bakpia-pathok-coklat-kacang (3)

Macamnya bakpia umumnya ada dua yakni bakpia kering dan bakpia basah. Untuk bakpia kering bisa tahan sampai 3 bulan dalam suhu ruang dan maksimal 6 bulan dalam lemari pendingin. Sedangkan untuk bakpia reguler ( bakpia basah ) daya tahan selama 1-2 minggu dengan suhu ruang dan maksimal bertahan dalam 1 bulan jika disimpan dalam lemari pendingin. Bakpia juga umumnya menarget pasar para turis atau pengunjung suatu daerah atau disebut juga sebagai kuliner untuk oleh-oleh.

Anda bisa mencoba menjalankan bisnis bakpia rumahan dengan skala kecil. Tangan ragu untuk memulai usaha ini. Meskipun banyak nama besar dalam bisnis bakpia namun apa salahnya menjadi pembeda. Untuk di wilayah seperti Jogja mungkin persaingan sangat ketat karena memang bisa dibilang di daerah istimewa inilah markasnya bakpia. Namun untuk kota besar lain seperti Jakarta, Surabaya maupun kota di luar Jawa perlu untuk dicoba.

Inovasi dalam berbisnis adalah jalan paling bagus untuk mendapatkan pasar dan konsumen. Jika Anda berniat untuk sukses dalam bisnis bakpia maka ciptakanlah cita rasa atau varian bakpia yang baru dan beda dari yang lain. Tunjukanlah kualitas dan kekhasan dari bakpia Anda. Sebagai contoh bisa mengimprovisasikan bakpian dengan bentuk yang lain atau bahan dasar lain atau campuran rasa yang bervariasi dan lain sebagainya.

Untuk pemasaran tentunya ada banyak opsi. Anda bisa menjadikan rumah Anda sebagai tempat pembuatan bakpia sekaligus tempat penjualannya. Atau Anda bisa menyewa tempat dan membuka ruko, namun tentunya harus siap modal. Atau Anda bisa pula menggunakan toko online atau memasarkan produk Anda secara online, cara ini cukup efisien dan sangat prospektif namun tentunya untuk usaha kuliner dirasa agak sulit karena konsumen tidak bisa melihat atau mencicipi bakpia Anda. Namun dari semua opsi tersebut semuanya bagus dan tak masalah jika dicoba. Yang terpenting kualitas produk Anda bagus dan memuaskan konsumen maka dengan sendirinya pasar Akan menjadi milik bisnis Anda.

Untuk referensi dalam menjalankan bisnis bakpia rumahan, Anda bisa memperluas wawasan dengan membaca berbagai media massaa, media online, atau bertanya langsung kepada perusahaan pembuat bakpia maupuan home industrinya. Tetaplah yakin dan tetap niatkan untuk terus berusaha dalam menjalankan bisnis Anda.