Bisnis Angkringan

Bisnis Angkringan
Bisnis angkringan adalah bisnis kuliner dengan modal kecil yang marak sekali dilakukan di Yogyakarta dan berbagai daerah sekitarnya. Angkringan adalah kulineran gerobak dorong yang terbuat dari kayu dan menjual berbagai macam makanan dengan harga murah seperti nasi bungkus yang ukurannya sangat kecil yang disebut nasi kucing, berbagai macam gorengan, dan banyak camilan lain serta minuman berupa es teh atau teh panas dan juga kopi serta tak ketinggalan minuman andalan yakni jahe susu.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang dikenal sebagai kota pelajar, istilah angkringan sudah tertancap sekali dalam ingatan masyarakatnya. Bahkan Jogja adalah ikonnya angkringan. Bisnis angkringan yang hanya membutuhkan modal kecil dan makanan yang dijual juga sederhana dan berharga murah mencerminkan bahwa Jogja merupakan daerah yang masyarakatnya sederhana. Tak jarang kita melihat di sana sini di pelosok Jogja sangat banyak bisnis angkringan berjalan dan tak jarang pula suasananya selalu ramai dengan pengunjung. Hal tersebut tentunya wajar mengingat berbagai masyarakat dari penjuru Indonesia banyak yang merantau ke Jogja dan belajar di sana, dan tentunya yang namananya mahasiswa selalu mempertimbangkan keuangannya.

PROSPEK BISNIS ANGKRINGAN
Angkringan mencerminkan kesederhanaan dan tentunya dari situ sudah jelas target pasarnya adalah orang-orang menengah ke bawah. Modal awal yang kecil dan harga produk yang dijual juga kecil namun bukan berarti pendapatan atau keuntungannya juga kecil. Hal inilah yang sering menjadi bahan pemikiran para pebisnis. Padalah untuk selevel bisnis angkringan jika dijalankan dengan komitmen yang tinggi dan serius maka bisa menjadikan bisnis tersebut mendatangkan keuntungan yang besar. Prospek bisnis angkringan sendiri sangatlah bagus. Hal tersebut bisa dibuktikan di Jogja sendiri yang setiap angkringan jarang sekali sepi pengunjung. Selain itu dengan modal kecil maka resiko juga kecil.

MODAL MEMBUAT USAHA ANGKRINGAN
Modal untuk memulai usaha angkringan terbilang simpel dan murah. Yang diperlukan hanyalah gerobak angkringan yakni gerobak dorong yang bentuknya agak memanjang dan dilengkapi dengan kursi panjang serta terpal sebagai atap dan penutup sampingnya.
gerobak angkringan

Untuk modal gerobak angkringan umumnya tidak lebih dari 5 juta rupiah. Selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah menu makanan dan minumannya. Sederhana saja, untuk menu angkringan yang umum yakni antara lain: nasi kucing, gorengan tempe, tahu, bacem, sate usus, sate telur puyuh, kepala ayam dan lain sebagainya. Untuk minumannya meliputi es teh/panas, es jeruk/panas, kopi, jahe, jahe susu, susu panas, dan berbagai macam minuman sachet lain. Modal untuk menu makanan dan minuman tentunya tidaklah mahal namun harus tetap distok setiap harinya. Setelah itu yang terakhir yakni menentukan tempat mangkal atau lokasi untuk berjualan. Untuk lokasi yang bagus yakni di daerah yang tentunya banyak lalu lalang orang, atau di bawah tiang listrik atau di pinggiran jalan yang ramai. Karena bisnis angkringan umumnya dijalankan mulai sore hingga tengah malam maka pilihlah tempat yang ramai saat di malam hari.
menu makanan di angkringan

BISNIS ANGKRINGAN UNTUK MAHASISWA
Mahasiswa adalah kaum terpelajar yang tak jarang menuntut ilmu sembari mencari uang. Di Yogyakarta yang banyak di datangi mahasiswa tentunya bisnis angkringan menjadi pilihan yang paling menarik karena modalnya yang cocok dengan kantong mahasiswa. Untuk memulai bisnis angkringan bisa dengan cara patungan atau berkerjasama antar mahasiswa, modal dibagi rata dan untungnya juga dibagi rata. Nah, untuk cara awal memulai bisnis ini mudah saja pertama sering-seringlah berkunjung ke salah satu usaha angkringan dan jangan sungkan untuk bertanya dan amatilah. Pada umumnya bisnis angkringan ada yang dijalankan sendiri ada pula dengan bekerja sama dengan orang lain. Yakni jika berbisnis sendiri maka segalanya sendiri, mulai dari memasak makanannya, gerobak dan lain sebagainya itu dari diri sendiri. Jika bekerjasama dengan orang lain yakni biasanya yang membuat makanannya adalah pihak lain, pebisnis tinggal mengambil atau nyetok saja.

Jajanan-Khas-Kota-Yogyakarta-Angkringan-Pak-Man Bisnis Angkringan 2

Bisnis Angkringan meski hanya dengan modal kecil dan konsep yang sederhana namun jika dijalankan dengan komitmen yang tinggi dan keseriusan maka bukan tidak mungkin mendatangkan untung yang besar bahkan angkringan Anda mungkin saja bisa membuka puluhan atau ratusan cabang.