Usaha Budidaya Ikan Baronang

ikan Baronang

Ikan baronang adalah ikan laut yang menjadi favorit banyak nelayan maupun mancing mania. Usaha budidaya ikan baronang ada bisnis prospektif. Ikan baronang memiliki banyak jenis di antaranya baronang susu (Siganus canaliculatus), baronang tompel (Siganus guttatus) dan baronang angin (Siganus javus), dari ketiga jenis itu yang paling banyak ditemui adalah baronang susu. Selain itu terdapat baronang lada (Siganus stellatus), baronang batik (Siganus vermiculatus), baronang kalung (Siganus virgatus), baronang kunyit dll.

Ikan baronang bisa menjadi objek untuk bisnis budidaya yang cukup menjanjikan. Pasalnya jenis ikan laut ini juga banyak peminatnya sama halnya dengan ikan-ikan laut lainnya yang lebih dahulu populer. Nilai tambah untuk budidaya ikan baronang ketimbang budidaya ikan tawar yakni terdapat pada kualitas ikan itu sendiri. Sudah bukan rahasia umum ikan laut memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi ketimbang ikan air tawar.

Budidaya ikan baronang bisa dilakukan di dekat laut saja karena memang habitat asli ikan tersebut adalah laut. Memang, dalam proses pembudidayaan hingga pembesaran ikan baronang memiliki tingkat kesulitan tertentu ketimbang budidaya ikan lain. Namun di sisi lain ikan baronang bisa dibilang mudah dalam pembudidayaannya, yakni karena ikan tersebut mudah menerima makanan buatan dan bertelur banyak. Sehingga dapat disimpulkan meskipun ada proses pembudidayaan yang memiliki tingkat kesulitan tertentu namun bisa diimbangi dengan hasil pembudidayaan yang baik.

budidaya ikan baronang

Pangsa pasar terbilang cukup bagus untuk bisnis ikan baronang. Banyak rumah makan seafood yang memilih ikan baronang sebagai salah satu menunya. Di Indonesia sendiri ikan baronang adalah hasil laut yang melimpah. Bahkan tidak sedikit ikan baronang yang diekspor ke luar negeri.

Anda bisa memulai berbisnis budidaya ikan baronang dengan bekerja sama para nelayan. Buatlah tempat pemijahan dan pembesaran benih ikan baronang sedemikian rupa sehingga ikan baronang bisa berkembang dengan baik. Bermitralah dengan pasar ikan dan rumah makan seafood maupun restoran. Jika bisnis Anda lancar maka bukan tidak mungkin akan ada pesanan dalam jumlah besar dan potensi ekspor ke luar negeri juga sangat memungkinkan untuk Anda.