Peluang Usaha Pembenihan dan Budidaya Ikan Patin

Peluang Usaha Pembenihan dan Budidaya Ikan Patin
Ikan patin sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Peluang usaha pembenihan dan budidaya ikan patin adalah bisnis yang profpektif. Ikan patin adalah ikan air tawar yang biasa kita temukan di pasar-pasar sama populerenya dengan ikan lele dan nila. Ikan patin adalah ikan yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi yakni mengandung asam lemak essensial DHA dan EPA berupa lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk mencegah resiko penyakit Kardiovaskular. Dengan nilai gizi yang cukup tinggi maka konsumsi akan ikan ini tentunya akan juga semakin tinggi ke depannya.

Sama halnya dengan budidaya ikan lele, pada budidaya ikan patin tidaklah susah. Berikut poin-poin penting dalam pembudidayaan ikan patin:

  1. Pilihlah tanah yang paling cocok sebagai kolam patin yaitu tanah liat yang tidak berpori, karena bisa menahan jumlah air yang banyak dan tidak mudah bocor.
  2. Usahakan pengairan kolam berlangsung dengan mudah dengan membuat kolam dengan kemiringan hingga 5% agar gravitasi dapat bekerja dengan baik
  3. JIka anda ingin membudidayakan di sungai, pilih sungai yang berarus lambat
  4. Jangan biarkan air kolam keruh, harus jernih dan bersih agar tidak timbul jamur.
  5. Usahakan suhu air pada periode penetasan telur berkisar 26-28 derajat saja, karena larva tidak kuat pada suhu dingin dan terlalu panas.
  6. Dan pastikan PH atau keasaman air berada pada rentang 6,5 – 7 saja.

Karna ukurannya yang cukup besar hampir seperti ikan gurame, maka ikan patin sering menjadi pilihan menu kuliner yang diminati. Ditambah lagi harga yang murah menjadi alasan lain banyaknya rumah makan yang menjadikan ikan patin menjadi menu makanannya.

ikan patin besar

Peluang usaha pembenian dan budidaya ikan patin tentunya menjadi sangat prospektif karena didukung dengan berbagai faktor yang memberi keuntungan.

Pembenihan juga faktor yang penting dalam budidaya ikan patin. Berikut tahapan pembenihan ikan patin

  1. Pemilihan induk yang sudah siap dipijah
  2. Pemberian hormon kelenjar hipofase dari donor
  3. Kawin suntik
  4. Pengurutan
  5. Penetasan
  6. Perawatan larva
  7. Pendederan
  8. Panen

Bisnis budidaya ikan patin sangatlah prospektif. Sama besar potensi suksesnya dengan bisnis budidaya ikan lele. Yang terpenting ialah kesungguhan dalam menjalankan bisnis budidaya ini.