Budidaya Kerang Hijau Menguntungkan

Cara-budidaya-kerang-hijau-yang-menguntungkan

Budidaya kerang hijau adalah bisnis budidaya yang menguntungkan. Kerang hijau adalah salah satu hasil laut yang berlimpah di perairan Indonesia.

Kerang hijau mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, di antaranya adalah lemak, protein, karbohidrat dan juga abu. Sebagaimana dengan ikan laut lainnya, kerang hijau memiliki keunggulan yang sama dalam hal kandungan gizinya. Kerang hijau adalah binatang yang mempunyai dua cangkang berwarna hijau dan hidup di laut. Kerang hijau banyak ditemukan di kedalaman laut antara 1 – 7 meter.

Budidaya kerang hijau dilakukan di wilayah pesisir laut yang berdekatan dengan habitat aslinya. Pembudidaya cukup menyediakan lokasi yang cukup terlindung dari arus kencang dan tidak memiliki kandungan kadar garam tinggi. Lokasi juga harus memiliki dasar perairan yang berlumpur dan berpasir. Hal ini untuk memudahkan kerang hijau mudah mendapatkan unsur hara dan zat makanan yang diperlukan selama berkembang biak.

Cara budidaya kerang hijau ada empat, yaitu tancap, rakit tancap, rakit apung dan rawai. Metode rakit tancap adalah metode yang biasa dilakukan oleh masyarakat.

budidaya-kerang-hijau-di-laut-min

Peluang usaha yang menjanjikan dilakukan di wilayah pesisir laut seperti budidaya kerang hijau adalah bisnis yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar bahkan bisa menjadi komoditi ekspor. Permintaan kerang hijau cukup besar dari kalangan rumah makan seafood, restoran bahkan hotel berbintang. Proses pembudidayaan yang mudah dan modal yang tidak besar menjadi alasan yang tepat mengapa bisnis budidaya kerang hijau perlu dipertimbangkan. Baca juga: Bisnis Kerajinan Tangan dari Cangkang Kerang