Bisnis Penggemukan dan Budidaya Kepiting Bakau

pembesaran kepiting bakau
Bisnis penggemukan dan budidaya kepiting bakau merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Kepiting bakau mulanya dianggap sebagai hama pada tambak nelayan. Namun semakin ke depan hewan air bakau tersebut justru menjadi komoditi yang memiliki prospek bisnis yang menjanjikan.

Kepiting bakau sudah tidak lagi menjadi hama bagi nelayan melainkan menjadi pangsa bisnis yang menggiurkan. Peminat akan kepiting bakau terbilang banyak. Dari mulai warung makan seafood hingga restoran dan hotel bintang lima juga menjadikan kapiting bakau menjadi salah satu menu andalannya.

kepiting-saus-padang-2

Bisnis penggemukan kepiting bakau merupakan bisnis yang cukup menjanjikan mengingat permintaan akan kepiting bakau itu sendiri yang cukup besar. Ditambah lagi arga pasaran untuk kepiting bakau juga lumayan bagus.

Seperti halnya hasil laut lainnya kepiting bakau juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain kandungannya yang bagus, bentuk fisik yang besar juga menjadi alasan kenapa kepiting jenis ini banyak diminati konsumen.

kepiting bakau

CARA PENGGEMUKAN KEPITING BAKAU

Untuk bisa melakukan penggemukan atau pembesaran kepiting bakau dengan baik, Anda bisa menggunakan wadah berupa kotak yang diapungkah. Kemudian setiap kotak diisi dengan seekor kepiting dengan lama penggemukan adalah 3 sampai dengan 4 minggu. Waktu tersebut cukup bagi kepiting bakau untuk bisa tumbuh dan memiliki ukuran 150 sampai 200 gram untuk setiap ekornya.

Dalam menjalankan bisnis penggemukan dan budidaya kepiting bakau yang terpenting adalah melakukan kemitraan dengan banyak pelaku usaha lain seperti nelayan, pemilik restoran atau warung makan dan tentunya pasar.