11 Tips Menjalankan Bisnis Kuliner Online

bisnis kuliner online delivery
Bisnis kuliner online adalah bisnis kuliner yang pemasarannya dijalankan melalui internet. Saat ini seseorang tidak perlu keluar rumah atau tempat tinggal atau tempat kerjanya untuk pergi ke sebuah warung makan dan semacamnya. Mereka tinggal melakukan transaksi secara online untuk membeli makanan dan kemudian makanan tersebut dikirim ke tempat mereka.

Tidak hanya benda-benda mati saya atau hewan dan tumbuhan yang bisa dijual secara online, namun juga makanan atau minuman. Di samping itu semua tentunya bisnis kuliner online memiliki aspek-aspek penting lain yang perlu diperhatikan yang berbeda dengan bisnis online lainnya.

Bisnis kuliner online mempunyai dua jenis yakni bisnis delivery order fast food dan makanan tahan lama. Untuk delivery order fast food atau makanan siap saji biasanya dijalankan hanya pada satu kota saja atau pada cakupan daerah tertentu saja. Sedangkan makanan tahan lama tentunya cakupannya lebih luas dan waktu pengiriman lebih lama.

Terlepas dari semua itu bisnis online makanan tetaplah memiliki prospek yang jauh lebih bagus jika dilihat dari efektif dan efisiensi pemasarannya. Berikut probisnis berikan 11 tips menjalankan bisnis kuliner online yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis online Anda

  1. Berikan merek
    Berikan merek pada produk kuliner Anda. Pemberian merek bertujuan untuk memberikan identitas untuk produk Anda. Akan ada banyak jualan yang sama di internet oleh karena itu Anda perlu memberikan merek pada jualan Anda. Jika kualitas produk Anda bagus maka merek yang Anda berikan akan menjadi brand tersendiri bagi konsumen.
  2. Media penjualan online
    Menjual secara online ada banyak sekali medianya. Mulai dari media sosial, website pribadi, iklan di website orang, dan lain sebagainya. Setelah Anda memberikan merek pada produk Anda, selanjutnya pilih media penjualan online yang menurut Anda paling efektif. Di internet sudah banyak tersedia media online untuk memasang iklan secara gratis. Sebagai contoh seperti OLX (www.olx.co.id), TOKOPEDIA (www.tokopedia.com), Berniaga (www.berniaga.com) dan lain sebagainya.
  3. Pajang foto produk yang menarik
    Pemasaran atau penjualan produk di internet membutuhkan foto yang menarik. Fotolah jualan Anda sebagus dan semenarik mungkin agar konsumen tertarik.
  4. Testimoni
    Testimoni adalah kesaksian atau review dari konsumen yang bagus kepada produk Anda. Berikan testimoni konsumen yang bagus pada produk Anda. Cantumkan pada website toko online Anda.
  5. Promo
    Pembeli selalu tertarik dengan namanya promo. Luncurkan jualan Anda di internet dengan segudang promo. Misal beli 3 gratis 1. Dan lain sebagainya
  6. Berikan deskripsi yang lengkap
    Pembeli pada umumnya bisa melihat, menyentuh dan mengamati jualan yang nyata pada sebuah warung kuliner. Namun jika jualan tersebut di internet maka pemebeli tentunya hanya bisa melihat fotonya saja. Nah, sebagai pelengkap maka Anda perlu menyertakan deskripsi jualan kuliner Anda secara lengkap agar konsumen semakin tertarik.
  7. Sosial media
    Sosial media adalah media komunikasi dan ekspresi diri paling populer dan ramai di dunia maya. Untuk itu Anda perlu sekali untuk memanfaatkan media sosial sebagai lahan promosi atau iklan jualan kuliner online Anda. Anda bisa menawarkan produk Anda di akun facebook, twitter, path, instagram Anda.
  8. Servis cepat
    Selain produk yang bagus dan menarik biasanya konsumen menilai sebuah jualan online juga dari servisnya atau pelayanan dari penjualnya. Berikan servis yang bagus dan cepat kepada konsumen online Anda.
  9. Jaminan
    Berikan jaminan kepada konsumen online Anda. Konsumen tidak bisa melihat dan menyentuh langsung produk Anda maka dari itu Anda perlu memberikan jaminan pada jualan Anda. Jaminan pada bisnis kuliner online misalnya jaminan uang kembali jika barang tidak sampai, jaminan barang tidak rusak atau kadaluwarsa, dan lain sebagainya.
  10. Packing
    Packing atau bungkus merupakan bagian yang juga penting dan perlu diperhatikan. Konsumen akan cenderung senang jika menerima paketan dengan packing/bungkus yang bagus ketimbang bungkus yang biasa-biasa saja. Dengan packing yang bagus Anda juga bisa menaikkan harga jual dari produk Anda sendiri.
  11. Inovasi
    Tips terakhir sukses bisnis kuliner secara online yakni lakukan inovasi terus menerus pada produk Anda. Buatla jualan online yang beda dari lainnya. Buatlah jualan yang menarik dan membuat konsumen tertarik.

Nah, demikian 11 tips menjalankan bisnis kuliner online yang bisa Anda lakukan untuk bisnis jualan makanan/minuman Anda. Anda bisa melakukan bisnis online Anda dengan jenis fast food and delivery atau jualanan makanan tahan lama. Tetap lakukan inovasi pada produk Anda dan berikan layanan yang baik pada konsumen.