Prospek Bisnis Kerupuk Ikan Laut

Prospek-Bisnis-Kerupuk-Ikan-Laut-min
Kerupuk adalah makanan pendamping yang paling populer di Indonesia. Salah satu yang paling enak dan bergizi adalah kerupuk ikan laut. Kriteria sebagian masyarakat Indonesia yang tidak bisa makan tanpa kerupuk menandakan bisnis kerupuk memiliki potensi yang sangat besar. Modal yang tidak besar dan pangsa pasar yang besar adalah sisi positif untuk menjalani bisnis kerupuk.

Bisnis kerupuk ikan laut adalah salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan. Bisnis tersebut umumnya digeluti oleh masyarakat pesisir pantai yang dekat dengan usaha olahan laut. Potensi hasil laut seperti ikan dan beberapa tumbuhan laut di perairan Indonesia sangatlah besar dengan adanya kenyataan tersebut maka bisa dikatakan bisnis olahan hasil laut di Indonesia juga sama besarnya.

MACAM-MACAM KERUPUK IKAN LAUT

1. Aneka Rambak
2. Aneka Mawar
3. Kasandra
4. Udang Finna
5. SL 1 (krupuk tengiri), SL 2, SL 3
6. KENNIE
7. Rambak kulit
8. Tersanjung
9. Potato panjang
10. Remis kancing
11. Krupuk tempe
12. Rambak tahu
13. Impala
14. Aneka Keong
15. Aneka krupuk udang (finna, dacil, dll)
16. Kerupuk Pasir
17. Kerupuk GRANDONG
18. Kerupuk Remis cincin

macam-macam-kerupuk-ikan-lengkap-min

Bahan-bahan untuk membuat kerupuk ikan
Ikan Laut segar sebanyak 3/4 kg, Garam, Tepung Tapioka, Telur Ayam, Bawang Putih, Bawang Merah, Bawang Daun, Ketumbar.

Alat-alat yang digunakan
Panci, Pisau, Pengaduk, Kompor, Nampan atau Wadah Pengering

Jenis kerupuk untuk dijual antara lain kerupuk mentah dan kerupuk yang sudah digoreng/matang. Untuk kebanyakan pebisnis kerupuk ikan laut memilih kerupuk yang masih mentah karena proses produksinya lebih cepat dan murah. Namun tak sedikit pula yang menjual kerupuk yang sudah matang atau sudah digoreng yang tentunya harganya lebih mahal ketimbang yang masih mentah.

Menjalankan bisnis kerupuk ikan laut merupakan salah satu kontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Peran pemerintah sangatlah penting terhadap perkembangan dan tetap hidupnya bisnis rakat ini. Bahkan di setiap sektor penyumbang pemasukkan bagi negara tidak lepas peran bisnis rakyat. Seperti bisnis kelurpuk ikan laut bisa kita jumpai di sektor pariwisata dengan makanan oleh-olehnya, dari restauran sampai warung makan sederhana juga bisa dikatakan pasti ada kerupuk. Bakan masyarakat Indonesia sendiri hidup dan makan dengan kerupuk. Begitulah pentingnya bisnis kerupuk untuk tetap menhidupi masyarakat Indonesia.