Potensi Bisnis Budidaya Rumput Laut di Indonesia

RUMPUT-TAUR-SEAWEED-min
Budidaya rumput laut di Indonesia menjadi bisnis yang paling populer di kalangan masyarakat pesisir pantai di berbagai daerah di Indonesia. Potensi menjalankan bisnis budidaya rumput laut sangat besar dibanding melaut mencari ikan seperti pekerjaan nelayan pada umumnya.

Hasil laut di perairan Indonesia yang sangat besar menjadikan bisnis dari hasil laut menjadi penyumbang yang cukup besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Banyaknya macam-macam hasil laut dari hewan laut dan tumbuhan laut juga memberikan banyak pilihan bisnis yang bisa digeluti. Hewan laut seperti ikan biasa ditangkap oleh para nelayan, dari nelayan ke penjual, dan terus mengikuti alur bisnis hasil laut. Begitu pula dengan tumbuhan laut, seperti rumput laut juga menjadi produk bisnis laut yang paling populer di Indonesia.

Olahan dari bahan rumput laut sangat variatif, yakni antara lain jelly, pudding, rumput laut kering, agar-agar, dodol, dan berbagai minuman. Bisnis rumput laut bisa dibilang tidak pernah luntur. Semakin lama akan semakin berkembang.

hasil olahan rumput laut

Bisnis budidaya rumput laut menjadi bisnis yang menguntungkan. Budidaya rumput laut lebih mudah dilakukan ketimbang melaut mencari ikan atau sebagainya. Yang perlu dilakukan hanya menaruh bibir rumput laut di daerah laut pada kedalaman 1-5 meter dan masa tunggu panen sekitar 1,5 sampai 2 bulan saja. Itu artinya dalam satu lokasi nelayan bisa panen sebanyak 8 kali. Jika memiliki banyak lokasi budidaya maka setiap bulannya bisa panen berkali-kali. Selain panen yang banyak, risiko menjalani bisnis budidaya rumput laut bisa dibilang lebih ringan ketimbang melaut mencari ikan.

budi daya rumput laut di laut

Potensi Bisnis Budidaya Rumput Laut di Indonesia

Selama peminat terhadap olahan rumput laut di Indonesia tetap besar dan tiap tahunnya selalu naik, maka bisnis budidaya rumput laut di Indonesia tidak akan mati malah justru akan semakin menghidupkan masyarakat. Pendapatan yang bisa mencapai 5 juta per bulannya tentu menjadi pertimbangan yang baik bagi para pembudidaya.

Hal terpenting demi mendorong bisnis budidaya rumput laut di Indonesia tetap hidup yaitu peran pemerintah. Dorongan dengan kebijakan pemerintah akan sangat berguna bagi para pebisnis budidaya. Pemerintah harus memperhatikan nasib para nelayan dan pembudidaya dan berbagai kalangan di pesisir pantai dengan memberikan kebijakan yang tentunya memihak rakyat. Dengan ada peran pemerintah maka bisnis budidaya di perairan Indonesia akan semakin tumbuh dan berkembang pesat.