Bisnis Kuliner Dendeng Cumi Khas Bali

Dendeng-cumi-khas-bali-min
Cumi-cumi adalah salah satu hewan laut yang nikmat jika dimasak. Salah satunya dijadikan dendeng cumi. Dendeng cumi khas Bali adalah salah satu yang terkenal. Bali adalah daerah dengan potensi pariwisata pantainya yang paling ramai di Indonesia. Banyaknya profesi masyarakat setempat yang sebagai nelayan menjadikan bisnis dengan olahan bahan laut menjadi bisnis yang umum di sana. Namun bukan karena sudah umum dijalankan maka potensi penghasilannya kecil. Justru menjadi komoditi yang menjanjikan.

Bisnis kuliner dendeng cumi khas Bali adalah contoh bisnis kuliner kecil-kecilan yang biasa dijalankan oleh masyarakat setempat. Dendeng adalah makan kering yang dibuat dengan proses sederhana atau tradisional. Dendeng biasa terbuat dari bahan daging sapi, dendeng bekicot, dendeng ikan laut, dendeng udang dan sebagainya. Namun ada pula dendeng dengan bahan cumi-cumi.

Cumi-cumi mempunyai 3 jenis keluarga yaitu cumi-cumi sotong, cumi-cumi karang dan cumi-cumi blakutak. Dari ketiganya cumi-cumi sotong yang paling populer karena rasanya yang paling lezat. Di samping rasanya yang lezat, cumi-cumi juga mengandung nilai gizi yang tinggi antara lain protein, mineral, kalsium, fosfor dan besi. Cumi-cumi merupakan hasil laut yang lumayan memiliki nilai jual mahal, dari segi inilah yang menjadikan kuliner dengan olahan cumi-cumi biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Dendeng cumi pada proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan dendeng sapi ataupun yang lainnya. Bumbu-bumbu yang digunakan adalah lengkuas, ketumbar, bawang merah, lada dan bawang putih. Untuk rasa dendeng cumi manis atau manis pedas biasanya ditambahkan dengan bubuk cabe atau merica, gula dan garam.

dendeng cumi enak

Jenis dendeng cumi-cumi ada 3 jenis yaitu dendeng kering, dendeng semi basah dan dendeng basah. Proses pembuatannya antara lain dengan proses pemmican, biltong, dan jerky ala dendeng Australia.

dendeng cumi

Daerah Badung, Buleleng dan Karangasem, di Bali mayoritas penduduknya adalah nelayan. Dan di daerah tersebutlah potensi bisnis hasil laut yang paling menonjol di Bali. Bisnis kuliner dendeng cumi khas Bali merupakan contoh bisnis kuliner yang dijalankan oleh masyarakat setempat. Dendeng cumi bisa menjadi menu tambahan pada restauran seafood maupun frozen food yang dijajakan di supermarket-supermarket.