Bisnis Kuliner Abon Ikan

abon-ikan-bisnis-Large-min
Indonesia memiliki bisnis kuliner dari bahan laut yang tak pernah mati, salah satunya yakni bisnis kuliner abon ikan. Macam-macam abon ikan antara lain abon ikan lele, abon belut, abon ikan nila, ikan gabus, ikan gurame, ikan kakap, abon ikan tuna, ikan kerapu dan abon ikan hiu. Abon adalah makanan yang terbuat dari serat daging hewan, yang paling terkenal adalah abon sapi. Namun banyak juga dijual abon dengan bahan dasar daging ikan.

Ikan air tawar maupun ikan laut memiliki kandungan gizi yang tinggi yang sangat baik jika dikonsumsi. Abon ikan sangat baik untuk konsumsi bayi mulai 8 bulan, balita, anak-anak hingga orang dewasa. Abon ikan mengandung protein yang tinggi, Omega 3, Omega 6, DHA & Kalsium yang baik untuk kecerdasan anak dan baik untuk memenuhi kebutuhan gizi.

abon-ikan

Bisnis kuliner abon ikan bukan merupakan bisnis baru. Prospek bisnis kuliner ini sangatlah bagus. Abon adalah salah satu jenis makanan yang sangat praktis, tanpa menggoreng lagi atau proses duakali. Ditambah lagi nilai gizi yang terkandung pada abon menambah nilai konsumsi makanan ini semakin bagus.

Proses pembuatan abon tidaklah susah. Anda bisa menjalankan bisnis kuliner abon dengan modal yang kecil dan dengan tempat bisnis rumahan saja. Proses pembuatan yang mudah dengan bahan dasar daging ikan yang ditambahkan dengan berbagai bumbu (seperti cabai, bawang merah, bawang putih, garam, gula, serta daun jeruk), lalu melalui proses penggorengan, hingga pengeringan dan pengemasan, jadilah abon ikan siap jual.

Macam-macam abon ikan juga sangat variatif. Bahan dasar yang berlimpah dan bervariatif tentunya menjadikan nilai jual yang bervaratif pula. Berikut macam-macam abon ikan:

    1. Abon ikan lele
    2. Abon belut
    3. Abon ikan nila
    4. Abon gurame
    5. Abon ikan gabus
    6. Abon ikan kakap
    7. Abon ikan salem
    8. Abon tuna
    9. Abon kerapu
    10. Abon ikan hiu
    11. Abon ikan tongkol
    12. Abon bandeng

dll

macam-macam abon ikan

Selain macam-macam jenis bahan dasarnya, abon juga bisa divariasikan rasanya. Seperti rasa manis, rasa gurih dan pedas.

PEMASARAN

Pemasaran produk abon ikan juga tidak begitu sulit. Anda bisa menjual dengan sebuah warung oleh-oleh atau bisa pula menyandingkan produk Anda pada warung-warung makan seafood dan sebagainya. Dengan kemajuan teknologi Anda bisa juga menjual produk Anda secara online.