Bisnis Kerajinan Tangan dari Tulang Ikan (Bone Art)

Bisnis Kerajinan Tangan dari Tulang Ikan

Bisnis kerajinan tangan dari tulang ikan merupakan ide bisnis kreatif yang cocok dijalankan di Indonesia. Indonesia adalah negara maritim yang memiliki kekayaan laut luar biasa. Salah satunya yakni hasil laut berupa ikan. Sebagian masyarakat Indonesia adalah nelayan atau yang bekerja di lautan. Perputaran ekonomi yang berasal dari barang-barang laut juga merupakan hasil terbesar dari perairan Indonesia. Kerajinan tangan adalah sektor lain yang juga sangat profitable. Barang sisa seperti tulang belulang ikan mungkin adalah sesuatu yang tidak terpikirkan oleh banyak orang jika dikaitkan dengan barang yang bisa dibisniskan. Namun bagaimana dengan bisnis kerajinan tangan dari tulang ikan?

Di Ubud, Bali sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai pembuat kerajinan tangan. Salah satunya yakni kerajinan dari tulang ikan. Ide kreatif bisnis tersebut muncul setelah pengrajin melihat potensi tulang-tulang ikan yang dibuang dan menjadi sampah.

Ide kreatif tersebut menciptakan barang dengan nilai jual yang lumayan bagus. Dari setumpuk tulang ikan yang tak terpakai bisa dijadikan banyak sekali kerajinan tangan yang luar biasa. Seperti kerajinan gelang, anting, dan pernak-pernik lainnya yang terbut dari tulang ikan. Ada pula miniatur sepeda motor, naga, dan berbagai patung yang terbuat dari tulang ikan.

Bone-swordsman-min

burung-garuda-dari-kerajinan-tulang-min

dragon-bone-art-1024x472-min

Target pasar untuk kerajinan tangan tersebut pada dasarnya adala turis mancanegara namun bisa pula untuk turis lokal. Selain itu bisa pula ditawarkan sebagai suvenir untuk pesta dan acara sebagainya. Kerajinan tangan dari tulang ikan banyak ditemui di art shop kawasan pasar Sukawati dan Ubud, Bali.

Proses pembuatan kerajinan tersebut tidakla sulit dan tidak membutuhkan modal yang besar. Bahan dasar yang merupakan barang yang tidak terpakai menjadikan ongkos produksi yang rendah. Namun jangan salah, dengan ongkos produksi yang rendah bisa mengasilkan barang dengan nilai jual tinggi. Pembuatan kerajinan dari tulang ikan tersebut tidak semuanya menggunakan tulang ikan melainkan juga dengan menambahkan beberapa elemen lain seperti kayu, karet atau kain.

kerajinan-dari-tulang-ikan-min

PROSPEK BISNIS KERAJINAN TANGAN TULANG IKAN

Prospek bisnis tersebut bisa bagus tergantung strategi pemasaran dan kualitas produk yang dihasilkan. Anda bisa membuka usaha seperti ini secara rumahan dan dengan modal kecil. Pemasaran paling bagus adalah pada tempat wisata namun bisa juga dipasarkan melalui online shop. Target pasar terbaik adalah para turis atau wisatawan baik lokal maupun asing. Produk yang dihasilkan tentunya memuliki keunikan dan nilai jual yang bagus.

Menjalankan bisnis kerajinan tangan dari tulang ikan bisa menjadi cara menuju kesuksesan jika dijalankan dengan yakin dan semangat. Modal bukan kendala, pemasaran juga bukan halangan. Selamat mencoba

Sumber gambar:
http://boneart-tlatar.blogspot.com
http://fjb.m.kaskus.co.id