Bisnis Kerajinan Tangan dari Cangkang Kerang

kerang-laut-dibikin-kerajinan-tangan-min
Bisnis kerajinan tangan dari cangkang kerang merupakan bisnis ketrampilan khas daerah wisata pantai di berbagai daerah di Indonesia. Kerajinan dari kulit kerang alias cangkang kerang biasa dijual pada warung-warung suvenir di tempat pariwisata pantai. Meskinpun hanya sebesar UKM namun penghasilan yang diraup para penjual kerajinan kerang tetaplah lumayan.

Tak hanya di daerah pantai saja, namun di beberapa perkotaan besar juga menjadi tempat yang menjanjikan untuk menjalankan bisnis kerajinan tangan dari cangkang kerang. Bisnis suvenir maupun bisnis handycraft pada umumnya adalah bisnis rumahan. Meski hanya sebatas bisnis UKM namun prospek bisnis tersebut sangat menjanjikan.

Kerajinan dari laut seperti cangkang kerang memiliki ide kreatif yang bervariasi. Hanya dari beberapa cangkang kerang bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan.

MACAM-MACAM KERAJINAN DARI CANGKANG KERANG

  1. Bros untuk jilbab
  2. Kalung
  3. Gelang atau bracelet
  4. Bingkai foto
  5. Pigura cermin
  6. Gantungan kunci
  7. Hiasan rumah

gelang dari cangkang kerang

kerajinan kerang bandul

kerajinan kerang cangkang

Jenis handycraft dari cangkang kerang bisa juga dijadikan bisnis suvenir untuk sebuah event, acara pernikahan, suvenir acara perayaan dan lain sebagainya. Anda bisa pula menitipkan pada toko-toko teman Anda, bisa juga membuka gerai di mall dan lain sebagainya.

Cangkang kerang bisa diolah menjadi banyak macam kerajinan tangan dengan berbagai macam target konsumen. Anda bisa membuat gelang dari cangkang kerang, kalung kerang dan lain sebagainya. Ada pula kerajinan pigura atau bingkai dari kerang dan kerajinan berupa lukisan dinding. Semakin banyak ide kreatif yang Anda tuangkan pada produk kerajinan tangan Anda maka nilai jualnya akan semakin tinggi.

Prospek yang menjanjikan dari bisnis kerajinan tangan dari cangkang kerang bisa menjadi penopang ekonomi keluarga. Selama ini di Indonesia kontribusi dari bisnis UKM kerajinan tangan terbilang besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat mikro.