Bisnis Ikan Cakalang Fufu

CAKALANG-FUFU-MINAHASA-min
Ikan Cakalang atau katsuwonus pelamis adalah ikan khas dari teluk perairan Indonesia. Bisnis ikan cakalang fufu adalah salah satu contoh usaha menjanjikan dengan modal rendah. Ikan cakalang banyak hidup di perairan Indonesia dan memiliki harga jual yang mahal. Oleh karena itu prospek bisnis kuliner dengan bahan ikan ini sangat menjanjikan.

Bisnis ikan cakalang ada banyak modelnya antara lain bisnis penangkapannya, bisnis pengolahannya menjadi masakan dan bisnis jual eceran. Dari sekian banyak peluang usaha tersebut bisnis kulinerlah yang memiliki profit dan kemudahaan lebih tinggi.

Bisnis kuliner dengan bahan ikan cakalang tidak harus dijalankan dengan rumah makan besar atau restoran, Anda juga bisa menjajakan cakalang dengan tempat yang sederhana. Salah satu penerapannya yakni dengan mengolah ikan tersebut menjadi ikan cakalang fufu.

Ikan Cakalang Fufu merupakan makanan laut khas daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Ikan cakalang yang sudah siap, diberi bumbu khusus, lalu diasap, dan dijepit menggunakan kerangka bambu. Proses pengasapan memengaruhi daya lama penyimpanan ikan cakalang tersebut.

Berikut proses pembuatan ikan cakalang fufu lebih lengkapnya,

  1. Ikan cakalang ukuran biasa dibersihkan sisiknya dan dibuang jeroannya. Kemudian daging cakalang tersebut dibelah menjadi dua bagian lalu dijepit menggunakan kerangka yang terbuat dari bambu.
  2. Agar rasa semakin gurih, ikan cakalang bisa diolesi dengan campuran garam dan bubuk soda secukupnya (perbandingan 1:1)
  3. Lalu ikan cakalang di letakkan di atas asap bara api (pengasapan).
  4. Prosesnya membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk pengasapan dan 2 jam untuk pendinginan atau dikeringkan. Asapi daging ikan cakalang merata dan jika sudah berwarna kemerahan dengan tekstur daging yang empuk serta kering maka itu tandanya daging ikan cakalang sudah siap.

Kelebihan dari ikan cakalang fufu yakni mampu bertahan dalam suhu ruangan selama kurang lebih satu bulan.

KULINER IKAN CAKALANG FUFU

kuliner-cakalang-fufu-pedas-min

Masakan kuliner ikan cakalang fufu dapat disajikan dengan berbagai menu pelengkap, misalnya seperti sambal khas Minahasa bernama sambal dabu-dabu. Selain itu bisa disantap dengan sambal kecap juga. Kuliner ikan cakalang fufu bisa Anda jajakan di rumah makan sederhana, atau Anda-pun bisa menjual daging mentahnya saja sebagai oleh-oleh.

POTENSI BISNIS IKAN CAKALANG FUFU

Di daerah asal masakan ini, yakni Minahasa, ikan cakalang fufu mungkin sudah biasa ditemui di restoran-restoran atau tempat makan biasa. Namun demikian potensi bisnis kuliner ini tidak akan mati dan akan tetap berkembang. Anda bisa membuka warung makan seafood dengan salah satu menunya ikan cakalang fufu khas Minahasa