6 Tempat Mencari Ide Bisnis yang Ada di Sekitar Kita

6-Tempat-Mencari-Ide-Bisnis-yang-Ada-di-Sekitar-Kita-min
Tempat mencari ide bisnis tidaklah harus sebuah tempat yang jauh dan sepi. Bisa jadi tempat itu adalah lingkungan kita sendiri. Ide bisnis yang kreatif dan cemerlang biasanya muncul dengan sendirinya atau tanpa disadari. Meski demikian kita tidak serma merta langsung menjalankan ide kreatif tersebut. Selalu ada hal yang menjadi pengganjal. Harus ada cara untuk menggali ide bisnis kreatif tersebut. Harus ada kemauan dan dorongan untuk membangun sebuah ide yang muncul.

Banyak kisah seorang pebisnis yang sukses berawal dari ide yang sepele namun setelah dijalankan ternyata bisa mengantarkan seorang menjadi sukses. Ide sepele bisa jadi adalah ide brilian. Semua itu tergantung sikap kita dalam menanggapinya. Andai kata sebuah ide dianalogikan sebagai sebuah kerang mutiara, maka kita adalah pembudidaya mutiara. Mutiara tersebut akan memiliki harga jual mahal jika kita pantai mengolahnya. Dan sebaliknya.

Mencari ide bisnis tidaklah sulit. Anda tidak harus bersusah payah pergi ke tempat yang jauh atau pergi ke konsultan dan lain sebagainya. Di sekitar lingkungan seari-hari Anda itulah juga bisa menjadi tempat untuk mencari ide bisnis yang brilian.

  1. Rumah
    Rumah atau tempat tinggal adalah tempat yang setiap hari kita ada di situ. Artinya sehari dalam 24 jam kita memakan beberapa jam untuk di rumah atau tempat tinggal. Nah, di situ juga-lah kita bisa mencari ide bisnis. Misalnya pada setiap pagi sebelum menjalani aktivitas Anda bisa duduk sambil menyantap sarapan pagi, atau minum kopi sambil membaca koran, atau saat olahraga ringan. Dari kegiatan keseharian tersebutlah timing yang pas untuk menggali ide.
  2. Kantor
    Kantor atau tempat kerja juga bisa menjadi tempat yang pas untuk mencari ide bisnis yang bagus. Sama halnya seperti rumah, kantor atau tempat kerja juga memiliki porsi jam dalam sehari. Anda bisa meluangkan waktu saat jam istirahat kerja untuk merenung, atau saat sedang bercengkrama dengan rekan kerja dan lain sebagainya. Di saat-saat seperti itulah sebuah ide bisa ditetaskan.
  3. Sekolah
    Sekolah atau tempat belajar sebagai tempat dimana teman-teman Anda berkumpul juga memiliki potensi bagus untuk Anda mendapatkan ide bisnis yang bagus. Di sekolah Anda melakukan kegiatan belajar, maka di sela-sela kegiatan tersebut adalah waktu yang cocok untuk mencari sebuah ide.
  4. Tempat liburan
    Suntuk dengan rutinitas biasanya seorang akan meluangkan waktu untuk pergi liburan. Di tempat liburan itulah Anda bisa mendapatkan ide yang brilian.
  5. Toko buku
    Anda gemar maupun tidak, dengan buku Anda bisa mendapat ratusan ide bisnis. Pergilah ke toko buku astau perpustakaan. Dari kegiatan membaca, walaupun sekilas, kita akan cenderung memikirkan sebuah ide.
  6. Lingkungan Sekitar Rumah
    Lingkungan sekitar rumah misalnya rumah tetangga, jalanan sekitar, tempat ibadahh, dan lain sebagainya. Anda bisa jalan-jalan sore atau lari pagi saat weekend. Dan dari kegiatan semacam itulah waktu yang tepat untuk mencari ide bisnis yang menguntungkan.

Nah, sekarang saatnya Anda menguatkan kemauan untuk mencari inspirasi bisnis Anda tanpa terbatas ruang dan waktu. Di manapun dan kapanpun Anda bisa menggali ide bisnis yang kreatif.