5 Peluang Usaha atau Bisnis untuk Pensiunan

Kira-kira apa peluang usaha atau bisnis untuk pensiunan? pensiunan PNS, karyawan swasta, aparat pemerintah, atau public figure? Masa pensiunan adalah masa dimana menjalani hidup sepenuhnya untuk mencari bekal investasi. Istilah pensiun adalah istilah yang berlaku untuk seorang pekerja. Namun bagi seorang pebisnis mungkin bisa dikatakan tidak ada kata pensiun. Dan pada hakikatnya semua pekerja yang menuju masa pensiun akan menemui pilihan hidup untuk menjadi pengusaha.

Di usia pensiunan atau sekitar maksimal 60 tahun adalah usia yang sudah tidak produktif, artinya adalah usia dimana tenaga, pikiran, dan kemampuan bekerja seseorang sudah tidak cocok untuk bekerja. Namun si usia pensiunan tersebut bagi seorang pengusaha tetap bisa menjalakan pekerjaannya. Pekerjaan yang cocok untuk pensiunan yaitu investasi. Lantas bentuk investasi seperti apa?

Berikut probisnis.Net membahas secara singkat beberapa peluang usaha atau binis untuk pensiunan yang termasuk investasi di hari senja. Seorang pensiunan tetap bisa bekerja sesuai porsinya, sesuai hobi dan minat.

  1. Bertani
    bertani-padi-min
    Seorang pensiunan pada umumnya kembali kepada hidup yang sederana seperti sewaktu masa kecil. Banyak contoh masa pensiunan dijalani di rumah di desa atau kampung halaman. Nah, jawaban untuk pekerjaan yang cocok dijalankan di kampung adalah bertani.Banyak sekali macam usaha pertanian. Di antaranya adalah mengelola sawah atau lahan padi, bertani buah-buahan, bertani sayuran, dan semacamnya. Tentunya Anda bisa menjadikan lahan garapan Anda sebuah investasi untuk anak cucu Anda. Selain itu Anda tidak harus bekerja sendirian, Anda bisa mempekerjakan orang desa untuk bertani. Dengan demikian malah bisa menghidupkan ekonomi masyarakat.
  2. Beternak
    berternak itik
    Sama dengan bertani, beternak adalah peluang usaha yang sangat cocok dijalani oleh pensiunan. Di desa atau kampung halaman tentunya adalah lokasi yang tepat untuk beternak hewan. Dalam bisnis peternakan ada banyak sekali pilihannya. Tergantung daerah dimana Anda hidup. Ada beternak ayam kampung, bebek, ikan lele, burung, sapi dan kambing, bahkan reptil dan lain sebagainya. Anda bisa memulai dengan beternak kecil-kecilan atau dengan kandang yang kecil dan sederhana. Semakin Anda menekuni maka bisnis peternakan tersebut akan bertambah besar dengan sendirinya.
  3. Kerajinan
    kerajinan tangan
    Kerajinan tangan adalah sektor industri yang tidak akan pernah mati selama masyarakat dalam daerah tersebut masih berbudaya. Anda bisa mengisi masa pensiun Anda dengan membuat sebuah kerajinan tangan. Sedikit-sedikit akan menjadi bukit. Dari usaha kecil-kecilan lama-lama akan menjadi bisnis besar. Banyak sekali pilihan kerajinan tangan.
  4. Properti
    bisnis-properti-pensiunan-di-desa-min
    Bisnis properti adalah bisnis besar. Salah satu bisnis properti untuk dijalankan di masa pensiunan adalah investasi tanah. Jika Anda memiliki sebidang tanah atau bangunan Anda bisa memanfaatkannya untuk investasi.
  5. Persewaan
    sewa mobil
    Bisnis persewaan adalah bisnis yang menguntungkan. Tanpa harus kehilangan benda kita tetap bisa mendapatkan penghasilan. Jika Anda memiliki sesuatu yang tidak terpakai secara rutin yang bisa digunakan tidak ada salahnya untuk menyewakannya. Sebagai contoh seperti sepeda motor, mobil, peralatan panggung, elektronik, dan lain sebagainya. Baca juga: 17 Ide Bisnis Persewaan Menjanjikan

Masa pensiunan bukan berarti masa diam atau tidak melakukan apapun. Anda masih tetap bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk mencari rezeki di samping mencari bekal untuk akhirat Anda. Semoga artikel ini bisa mendatangkan ide bagi Anda seorang pensiunan untuk mau berbisnis. Carilahh referensi lain mengenai peluang usaha atau bisnis untuk pensiunan sesuai dengan minat Anda.