4 Ciri Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis Menguntungkan

bisnis dari hobi batu akik
Banyak sekali hobi yang bisa dijadikan bisnis. Membangun bisnis dari hobi adalah hal yang banyak dilakukan oleh para pengusaha atau orang yang sukses. Seorang yang sukses dalam berbisnis akan menjawab mulai menjalankan bisnisnya dimulai dari kebiasaan atau hal yang digemari jika mereka dihadapkan pertanyaan sejak kapan berbisnis. Namun, apakah semua hobi manusia berpotensi untuk dijadikan bisnis? Apakah menjalankan sebuah bisnis yang berawal dari hobi akan sukses?

MANFAAT

Semua hobi manusia pada dasarnya bernilai jual atau dengan kata lain bisa dijadikan bisnis, hanya saja apakah ada nilai manfaat yang akan diberikan jika bisnis tersebut dijalankan.

Sebagai contoh Anda adalah seorang yang hobi membaca buku komik jepang, karena saking fans berat dengan salah satu kartun jepang, maka Anda gemar membeli komiknya di toko buku dan sekarang memiliki koleksi komik yang sangat lengkap. Nah, berawal dari situ bisalah Anda membangun sebuah bisnis dengan bahan “komik” kesukaan Anda. Bisa toko buku khusus komik, tempat sewa komik, jual komik bekas, atau komunitas membuat komik kecil-kecilan, dan lain sebagainya. Dari hobi tersebut apakah ada nilai manfaat yang diberikan? tentunya ada. Yakni dari kegiatan membaca.

Contoh kedua, misalkan Anda adalah seorang yang hobi berjudi online. Nah, dari sini bisa dijadikan bisnis yang bisa mendatangkan uang yang banyak, namun apakah ada nilai manfaat yang terbangun bagi Anda dan lingkungan Anda?

Jadi kesimpulannya yakni berbisnislah dengan hobi Anda yang memiliki nilai manfaat bagi Anda dan lingkungan Anda.

PROFITABLE ATAU MENGUNTUNGKAN

Sebuah hobi tentunya bisa dijadikan bisnis jika mendatangkan uang alias “untung”. Hobi atau kebiasaan yang Anda gemari harus Anda kembangkan, bertanyalah kepada kelompok sekitar Anda, teman atau keluarga atau bisa dari komunitas di internet tentang potensi membuka bisnis atau usaha dalam bidang hobi Anda.

Jika Anda seorang yang gemar minum kopi, dan sangat menyukai kopi, maka Anda bisa membuka bisnis kedai kopi, atau menjual kopi bubuk, atau bahkan menciptakan kopi jenis baru. Nah, dari hobi tersebut Anda bisa menggali lebih dalam tentangnya dari banyak sumber, teman, komunitas dan internet. Yang terpenting adalah kemauan untuk bernisnis juga harus Anda tumbuhkan. Sebuah bisnis tidak akan maju atau berkembang jika Anda sendiri tidak berkemauan untuk bertanya maupun serius dalam berbisnis.

Banyak sekali hobi yang bisa dijadikan bisnis menguntungkan yang memiliki profitable. Dan bahkan yang awalnya dipandang tidak profitable bisa menjadi profitable. Jadi kesimpulannya yaitu hobi Anda akan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan jika Anda serius dan berani mengembangkan hobi Anda tersebut menjadi sebuah bisnis.

BISA MENJADI INVESTASI

Sebagai poin tambahan untuk hobi yang bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan yaitu bisa dijadikan aset atau bahan untun berinvestasi. Hobi Anda adalah hal yang Anda gemari dan lakukan berkali-kali dan tak termakan waktu. Maka bisa dibilang sampai umur berapapun Anda, Anda tetap setia dengan hobi Anda. Dengan konsep tersebut bisa dijadikan kesimpulan bahwa bisnis yang menguntungkan juga harus bisa bernilai investasi. Hobi Anda bisa menjadi investasi untuk masa depan Anda. Sebagi contoh, Anda hobi mengoleksi batu akik, selain bisa membuka bisnis jual beli, buka jasa potong dan asah batu akik maupun jasa-jasa yang lainnya, Anda juga bisa menjadikan koleksi batu akik Anda sebagai bahan investasi. Benar bukan? (Untuk referensi, baca: Pentingnya Investasi Dalam Bisnis )

HOBI BUKAN BARANG MUSIMAN

Hobi bukan barang musiman artinya akan gemar dengan sesuatu itu tidak hanya pada saat sekali itu saja. Anda hobi dan benar-benar suka dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Karena jika hobi Anda hanya musiman alias sekali saja pada waktu itu saja maka bisa dibilang jika Anda membuka bisnis dengan hobi Anda tidak akan bertahan lama.

Contohnya Anda hobi mengoleksi barang-barang K-Pop karena pada saat itu sedang booming-boomingnya K-Pop. Kemudian Anda membuka usaha jual beli aksesoris K-Pop dan laku. Namun beberapa waktu kemudian K-Pop kalah pamor dengan J-Pop, lalu Anda berpindah ke J-Pop. Nah, bagaimana bisnis aksesoris K-Pop Anda akan bertahan jika hobi Anda saja termakan waktu dan berganti? Jadi kesimpulannya jangan meng-hobikan sesuatu setengah-setengah, karena bisnis juga tidak akan berjalan jika setengah-setengah.

Nah, itu dia ulasan singkat mengenai 4 ciri hobi yang bisa dijadika bisnis menguntungkan. Setiap hobi atau kegiatan yang digemari pasti memiliki nilai yang bisa dijadikan sebuah usaha atau bisnis yang menguntungkan. Tergantung ada kemauan dalam diri atau tidak, ada semangat dalam diri untuk berbisnis atau tidak. Jika Anda merasa masih takut untuk berbisnis sebaiknya carilah motivasi, sebagai referensi baca: Tips Supaya Tidak Takut Gagal dalam Berbisnis. Selamat berbisnis