HOME
Home » bisnis mahasiswa » 15 Ide Bisnis Menguntungkan Bagi Mahasiswa

15 Ide Bisnis Menguntungkan Bagi Mahasiswa

Posted at October 16th, 2014 | Categorised in bisnis mahasiswa

15 Ide Bisnis Menguntungkan Bagi Mahasiswa

Mahasiswa memiliki penghasilan sendiri adalah contoh mahasiswa plus plus. Siapa bilang mahasiswa dikenal sebagai orang yang sibuk, sibuk mengerjakan tugas dan lain-lain. Jangan salah, sebenarnya mahasiswa memiliki banyak sekali waktu luang.

Pekerjaan yang dilakukan mahasiswa adalah kuliah, mengerjakan tugas, dan bergaul. Jika mahasiswa tingkat akhir biasanya memiliki waktu luang lebih banyak. Nah, itung-itung mengisi waktu luang cobalah berbisnis kecil-kecilan. Tak apa meski hanya iseng atau coba-coba. Banyak pengusaha sukses yang memulai karir bisnisnya dari iseng dan coba-coba saat masih mahasiswa. Saatnya sekarang gilirin kamu.

Bagi kamu seorang mahasiswa yang masih aktif kuliah, yang masih semester baru maupun semester lama yang sedang menyusun skripsi, probisnis.NET menyediakan 15 ide bisnis menguntungkan bagi mahasiswa, bacalah semoga kamu mendapatkan ide bisnis yang kamu cari,

  1. Reseller jualan online
    Bisnis tanpa modal paling populer adalah menjadi seorang reseller. Reseller adalah menjual kembali barang dagangan orang tanpa kita harus membelinya terlebih dahulu. Ide bisnis seperti ini paling cocok dijalankan oleh mahsiswa. Kamu tak perlu ragu waktumu tersita oleh bisnis seperti ini, karna kamu bisa menjalankannya di waktu luang. Carilah referensi di internet mengenai lapak jualan online yang menerima reseller. Misalnya: Toko online jersey bola, jam tangan, sepatu, jaket, topi, obat herbal, pakaian hijab, dan masih banyak lainnya. Lalu pasarkanlah produk tersebut secara online, kamu bisa berjualan di facebook, twitter, blog, olx, berniaga, BBM, instagram dan masih banyak lainnya. Lakukanlah sebagai pengisi waktu luang. Jika jiwa kamu mengatakan ingin menggelutinya secara serius, maka tekuni usaha reseller kamu itu.
  2. Bisnis printing dan foto copy
    Bisnis membuka jasa foto copy terbilang sangat menjanjikan. Karena mahasiswa identik dengan mengerjakan tugas, mengerjakan tugas identik dengan print dan foto copy. Kamu bisa meminjam modal untuk membuka usaha printing dan foto copy dan bukalah tempat usahamu di sekitaran kampus. Jika kamu belum memiliki modal, kamu bisa membuka bisnis ini secara kelompok.
  3. Bimbingan belajar
    Ide bisnis satu ini cocok buat kamu yang benar-benar suka belajar dan mengajari teman. Kamu bisa membuka bisnis bimbingan belajar. Targetkan pada anak SMP atau SMA. Kamu bisa menawarkan bisnismu kepada ibu kos, atau dosen kamu. Itung-itung sebagai bisnis sampingan kamu sebagai mahasiswa. Alternatif lain, kamu bisa membuat bisnis tersebut berkelompok. Jika kesulitan kamu bisa bergabung dengan bisnis yang sudah ada, dan mendaftar sebagai tenaga pengajar di sana.
  4. Design grafis
    Jika kamu adalah mahasiswa jurusan IT khususnya di bidang teknologi grafis, ide bisnis ini cocok sekali buat kamu. Sembari mendalami pelajaran di perkuliahan, kamu bisa membuka jasa design grafis kepada teman-temanmu, kenalan, atau bisa promosi secara online di media sosial. Selain itu jika kamu benar-benar serius ingin mendalami bisnis tersebut, ajaklah teman-teman sejurusan denganmu untuk bersama-sama mendirikan bisnis design grafis.
  5. Fotografi dan video editing
    Fotografi adalah hobi mahasiswa yang paling populer. Dalam setiap kelas bisa dibilang pehobi fotografi pasti ada. Nah jika kamu termasuk di dalamnya maka membuka bisnis fotografi dan video editing cocok sekali buatmu. Lakukanlah promosi seperti bisnis design grafis.
  6. Bisnis kaos
    Banyak pebisnis kaos yang sukses dulunya berawal dari bisnis kaos kecil-kecilan saat masih menjadi mahasiswa. Bagi kamu yang tertarik dengan ide ini apa salahnya mencoba. Carilah referensi pabrikan atau koveksi kaos dan sablon terdekat. Atau cari referensi online. Pelajari dan mulailah membuat desain kaosmu sendiri. Tawarkan seperti teknik pada reseller sebelumnya.
  7. Menulis
    Mungkin kamu adalah mahasiswa sastra, atau punya keahlian menulis ,atau hobi menulis. Mulailah mengisi waktu luangmu dengan menulis sebuah buku lalu tawarkan kepada penerbit. Banyak sekali penulis-penulis muda yang masih mahasiswa. Kamu bisa mencontoh mereka. Carilah referensi di internet.
  8. Service laptop dan komputer
    Seperti ide bisnis design grafis, jika kamu mahasiswa IT atau setidaknya paham betul bongkar pasang komputer. Kamu bisa membuka usaha service komputer dan laptop. Jadikan kamar kosmu sebagai kantornya. Tawarkanlah pertama-tama kepada teman-teman kelas, buat poster iklan di kampus dan sebagainya.
  9. Jual barang seken
    Pernah terpikirkah jika kita selesai menjadi mahasiswa maka mau dikemanakan barang-barang dalam kamar kos? jika kamu tertarik dengan ide bisnis ini, kamu bisa mencari-cari di penjual barang bekas dan kamu bisa menjualnya lagi. Jual pula secara online, dan cari referensinya lebih banyak di internet.
  10. Franchise
    Franchise kuliner kecil-kecilan adalah bisnis paling menjanjikan buat mahasiswa. Carilah referensi tentang bisnis tersebut. Pilihlah yang menurutmu paling cocok diterapakan di kalangan kampus.
  11. Laundry kiloan
    Bisnis laundry sangat menjanjikan jika diterapkan dengan target mahasiswa. Kamu bisa meminjam modal untuk membuka usaha bisnis laundry dan buka tempat usahamu di sekitaran tempat kos-kosan.
  12. MLM (Multi Level Marketing)
    MLM adalah bisnis networking, artinya butuh kerjasama dalam menjalankan bisnisnya. Biasanya banyak tawaran ikut bisnis MLM saat kamu masih semester baru. Seleksilah dan analisalah MLM yang memiliki perkembangan bagus.
  13. Event organiser
    Mulailah mengelola bisnis event organiser tingkat fakultas. Ajaklah teman-temanmu. Alternatif lain kamu bisa ikut bergabung dalam bisnis event organiser yang sudah ada.
  14. Jual buku jadul
    Sama seperti ide bisnis barang-barang seken. Ide bisnis buku jadul bisa kamu pertimbangkan. Carilah buku-buku lama di toko buku ataupun secara online. Jualah koleksi bukumu secara online.
  15. Angkringan
    Ide bisnis terakhir adalah bisnis angkringan. Angkringan sangat populer di kalangan mahasiswa khususnya di Yogyakarta. Bagi kamu mahasiswa Jogja bisa mencoba membuka usaha angkringan tersebut.

Nah, itu dia 15 ide bisnis menguntungkan bagi mahasiswa. Cermatilah ide bisnis tersebut yang menurutmu sesuai dengan karaktermu atau cocok denganmu.

Related Post to 15 Ide Bisnis Menguntungkan Bagi Mahasiswa

Bisnis Outdoor Equipment

Bisnis Outdoor Equipment

Posted at 23/09/2015

Bisnis outdoor equipment adalah bisnis peralatan untuk para pecinta alam. Outdoor equipment adalah peralatan atau alat untuk keperluan kegiatan alam seperti... Read More

Bisnis Angkringan

Posted at 22/09/2015

Bisnis angkringan adalah bisnis kuliner dengan modal kecil yang marak sekali dilakukan di Yogyakarta dan berbagai daerah sekitarnya. Angkringan adalah kulineran... Read More

Bisnis Foto Copy di Sekitar Kampus atau Sekolah

Bisnis Foto Copy di Sekitar Kampus atau Sekolah

Posted at 21/09/2015

Bisnis foto copy di sekitar kampus atau sekolah mungkin salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Kebutuhan akan penggandaan dokumen... Read More